Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

iklan head

Pendaftaran CPNS PPPK 31 Mei 2021 Resmi Dibatalkan

Pendaftaran CPNS PPK 2021

Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi mengumumkan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 ditunda. Sebelumnya Pendaftaran direncakan akan dibuka pada tanggal 31 Mei 2021.

Pendaftaran CPNS PPK 2021

Menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, saat ini masih ada beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK nonguru, dan PPPK guru tahun 2021 yang belum ditetapkan pemerintah sehingga pendaftarannya belum dibuka bulan ini.

Baca JugaDownload Ebook SKD SKB CPNS 2021 + Ribuan Contoh Soal dan Pembahasanya .pdf

“Sekarang masih tahapan usulan revisi penetapan kebutuhan formasi oleh beberapa instansi, makanya jadwal pelaksanaan akan diinformasikan lebih lanjut,” kata Bima Haria di Jakarta, Sabtu (29/5) yang dikutip dari jpnn.com

Alasan Pendaftaran CPNS PPPK 2021 diundur

Dari keterangan Bima, setidaknya ada dua alasan mengapa pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 ditunda.

Aturan belum siap.

Masih ada beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK nonguru, dan PPPK guru tahun 2021 yang belum ditetapkan pemerintah. “Sekarang masih tahapan usulan revisi penetapan kebutuhan formasi oleh beberapa instansi, makanya jadwal pelaksanaan akan diinformasikan lebih lanjut,” kata Bima Haria di Jakarta, Sabtu (29/5).

Masalah anggaran.

Dari penjelasan Bima tersirat masih ada masalah kesiapan anggaran. Bima meminta pejabat pembina kepegawaian (PPK) menyiapkan rencana kegiatan dan anggaran pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS serta seleksi kompetensi PPPK nonguru tahun 2021 sesuai dengan penetapan kebutuhan formasi yang tersedia. 

Sedangkan untuk seleksi kompetensi PPPK guru tahun 2021 dibebankan pada anggaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sebelumnya, Ketum Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih menyebutkan ada informasi bahwa pendaftaran belum dibuka 31 Mei. Sumbernya dari Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Mohammad Ridwan yang diunggah di akunnya di Twitter. 

Informasi tersebut menurut Titi membuat honorer K2 heboh. Sebab banyak dari honorer K2 yang mengetahui pendaftaran dibuka 31 Mei sesuai hasil rapat koordinasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dengan Pemda secara daring.

Titi menambahkan, tidak masalah bila pendaftaran tidak jadi dibuka 31 Mei sehingga honorer K2 masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Bisa juga ada perubahan kebijakan untuk honorer K2.Dia berharap masa revisi usulan kebutuhan formasi ini akan mengakomodir honorer K2 sebanyak-banyaknya.

Source: JPNN.com

INFORMASI TERBARU