Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KemenPAN-RB: Pendaftaran CPNS kembali buka Tahun 2020

pendaftaran cpns 2020

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS) 2019 sudah berakhir pada 17 Desember 2019, dan kini masih dalam tahapan pengumuman hasil verifikasi berkas administrasi oleh panitia pelaksana di semua instansi.

Tercatat lebih dari 4 juta pelamar telah menyelesaikan pendaftaran yang selanjutnya menunggu hasil keputusan panitia yang melaksanakan verifikasi berkas, apakah lulus administrasi atau tidak ?

Pelamar yang lulus tahap pertama yaitu seleksi Administrasi, berhak untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dilaksanakan awal tahun 2020.

Sedangkan bagi pelamar yang tidak lulus verifikasi berkas administrasi, langkahnya berhenti dalam persaingan perebutan gelar CPNS tahun 2019. Namun, ada kabar gembira yang datang dari KemenPANRB, bahwa tahun 2020 akan kembali membuka pendaftaran CPNS.

Kendati proses seleksi CPNS 2019 belum tuntas, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan rekrutmen CPNS akan kembali digelar pada 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Andi Rahadian kepada Kompas.com, Rabu (11/12/2019). 

"Kemungkinan besar akan dibuka lagi penerimaan CPNS tahun 2020, karena kan ada juga beberapa kementerian dan pemda yang menunda penerimaan CPNS untuk tahun ini," kata dia.

Mengisi kekosongan 

Lebih lanjut, penerimaan CPNS pada tahun 2020 prinsipnya adalah untuk mengisi PNS atau ASN yang sudah pensiun. 

Tentunya, juga sesuai dengan kebutuhan dari kementerian-kementerian dan lembaga di pusat dan daerah. 

Namun, saat disinggung adanya kementerian/lembaga serta instansi pemerintah daerah yang tidak membuka penerimaan pada 2019 akan membuka rekrutmen CPNS pada 2020, ia tak mengelak. 

"Ya memang pada saat mereka (instansi) mengajukan penundaan untuk pembukaan CPNS kan kita memberikan surat persetujuan dan kita memang mendorong supaya untuk dibuka tahun depan juga. Contohnya adalah Kemenpar dan Ekonomi Kreatif," kata Andi.

Menurut dia, Kemenpar dan Ekonomi Kreatif menunda pelaksanaan CPNS 2019 karena adanya struktur baru yang masuk ke kementerian tersebut. 

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada semua instansi kementerian dan lembaga serta pemerintah provinsi maupun kabupaten kota untuk menyampaikan kembali kebutuhan formasi untuk pelaksanaan CPNS 2020.

"Di daerah-daerah kan ada beberapa yang menyatakan tidak membuka seleksi penerimaan CPNS untuk tahun ini, nah untuk yang tidak membuka penerimaan CPNS pada tahun ini, kita minta untuk disampaikan kebutuhan formasinya untuk CPNS tahun 2020 sebagai bahan pertimbangan kita untuk menetapkan formasinya," terangnya. 

Permohonan kebutuhan formasi tersebut, imbuhnya, sebagai bahan pertimbangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk melengkapi kebutuhan formasi di setiap instansi.

Sumber: Kompas.com
Editor: Lamopi
X