Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Simulasi CAT CPNS Online Materi Tes Intelegensi Umum (TIU) HOT

Simulasi CPNS Materi TIU

Pendaftaran CPNS 2019 kini sudah akan memasuki tahapan Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dijadwalkan pada bulan januari-februari 2020. Sebelumnya tercatat lebih dari 4 juta pelamar telah menyelesaikan tahapan pendaftaran melalui portal sscasn.bkn.go.id dengan membuat akun serta melamar instansi tujuan dari laman tersebut.

Untuk dapat mengikuti pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ini, para pelamar CPNS 2019 harus terlebih dahulu dinyatakan lulus pada seleksi berkas Administrasi yang hasilnya sudah dimumumkan oleh instansi-instansi perekrut CPNS 2019. Bagi pelamar yang dinyatakan gagal pada tahapan seleksi Administrasi, namun merasa berkas yang diunggah saat pendaftaran sudah benar sesuai persyaratan, maka berhak melakukan sanggahan yang jadwalnya sudah diumumkan oleh BKN maupun setiap Instansi.


Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019


Seleksi tes Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 akan dilaksaakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahapan SKD ini, para pelamar akan di uji dengan 3 materi ujian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Jumlah Soal dalam SKD sebanyak 100 butir Soal Pilihan Ganda dengan rincian Test Wawasan Kebangsaan (TWK) berisi 35 soal, Test Intelegensi Umum (TIU) berisi 30 soal, dan Test Karakteristik Pribadi (TKP) berisi 35 soal 

Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS 2019


Khusus untuk materi Tes Intelegensi Umum (TIU) yang berjumlah 30 Soal. Para pelamar CPNS harus mempelajari materi-materi sesuai dengan kisi-kisi resmi yang sudah diumumkan sebelum pelaksanaan pendaftaran CPNS dibuka.

Berikut kisi-kisi resmi Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai: 

1. Kemampuan verbal, yang meliputi:

  • Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain. 
  • Silogisme, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan; dan 
  • Analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

2. Kemampuan numerik, yang meliputi: 

  • Berhitung, dengan tujuan mengukur kemampuan hitung sederhana; 
  • Deret angka, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka; 
  • Perbandingan kuantitatif, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif; dan 
  • Soal cerita, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan. 

3. Kemampuan figural, yang meliputi: 

  • Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain; 
  • Ketidaksamaan, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar; 
  • Serial, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar. 

Untuk menguji dan memantapkan Persiapan dalam menghadapi SKD yang akan datang silahkan dijawab secara sungguh-sungguh materi TIU berikut ini:

Post a Comment for "Simulasi CAT CPNS Online Materi Tes Intelegensi Umum (TIU) HOT"

INFORMASI TERBARU