Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting


Persyaratan dan Cara Pendaftaran Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id

Lamopi.Com - Kartu pra kerja yang diinisiasi pemerintah untuk memberikan bekal kepada angkatan kerja Indonesia rencananya akan dirilis hari ini, setelah gagal dilakukan pada Kamis (9/4/2020) lalu.

Kartu Prakerja

Persyaratan dan Cara Pendaftaran Kartu Prakerja
Mundurnya waktu launching ini guna memastikan situs tersebut dapat beroperasi dengan baik sehingga bisa memberikan layanan yang handal dan aman.

"Program Kartu Prakerja, melalui situs prakerja.go.id akan diluncurkan pada Sabtu, 11 April 2020. Tanggal peluncuran ini mengalami sedikit perubahan dari rencana awal pada 9 April 2020," kata Panji Winanteya Ruky, Direktur Komunikasi Program Kartu Pra Kerja dalam siaran resminya, Kamis (9/4/2020).
Syarat utama untuk bisa mendapatkan pendidikan ini adalah warga negara Indonesia berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Setelah terdaftar nanti peserta akan mendapatkan hak untuk diberikan pendidikan dan pelatihan dan akan diberikan sertifikat setelah dinyatakan lulus. Pendidikan yang didapatkan bisa secara offline maupun online.

Selain itu, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang. Rinciannya Rp 1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp 600 ribu selama 4 bulan untuk insentif pelatihan dan Rp 150 ribu insentif survei pekerjaan yang dilakukan sebanyak 3 kali.

Untuk program ini pemerintah sudah menaikkan anggaran dari Rp 10 triliun menjadi Rp 20 triliun. Anggaran ini akan dikucurkan kepada 5.605.634 orang dan peserta program per minggu paling banyak 164.872 orang.

Cara mendapatkan Kartu Prakera

  1. Daftar di Website Kartu Prakerja https://www.prakerja.go.id/ untuk penginputan data dan seleksi online.
  2. Memilih Pelatihan yang Disyaratkan Industri. Memilih pelatihan dari layanan SISNAKER dan bayar menggunakan saldo Kartu Prakerja untuk online maupun offline.
  3. Mengikuti pelatihan secara online maupun offline dan dapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga.
  4. Peserta diminta memberi Ulasan & Rating Terhadap Lembaga Pelatihan. Berikan ulasan dan rating terhadap lembaga pelatihan melalui SISNAKER setelah melakukan proses pelatihan.
  5. Mendapatkan Insentif Setelah Mengikuti Pelatihan. Dapatkan insentif dan akan ditransfer dalam 3 tahap ke saldo wallet Kartu Prakerja kamu.
  6. Mengisi Survei Kebekerjaan sebagai Feedback Efektivitas Program. Survei yang ditanyakan dalam 3 tahap dengan insentif pengisian survei sebesar Rp150.000 sebagai feedback efektivitas program, kesesuaian pelatihan dan penempatan kerja, dll.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Secara Online 

  1. masuk ke website www.prakerja.go.id 
  2. masuk menu daftar sekarang 
  3. pastikan email sudah benar, karena akan ada verifikasi ke email yg anda masukan 
  4. klik di verifikasi email 
  5. isi form pendaftaran, mulai dari nama, nik, alamat, dll 
  6. pada saat upload foto ktp dan foto anda selfie dengan ktp file harus di bawah 2 mb (pake file converter, jika foto anda lebih dr 2 mb), setelah itu 
  7. masukan nmr telp anda lalu masukan kode otp yg di kirim 
  8. ikut test dasar, selanjutnya ikuti saja ya tahapannya 

Tonton Video Panduan Cara Daftar Kartu PraKerja berikut ini:


Demikian informasi singkat tentang Persyaratan dan Cara Pendaftaran Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id.Semoga bermanfaat bagi semua.
SEMOGA BERHASIL