Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

iklan head

Panduan Lengkap Cara Pendaftaran Akun LTMPT Tahun 2021

Cara Pendaftaran Akun LTMPT

Lamopi.Com  Setiap awal ajaran Tahun Akademik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Penerimaan Mahasiswa Baru atau PMB menjadi ajang Kompetisi sekaligus langkah baru bagi para Alumni SMA/MA/SMK Sederajat dari seluruh Indonesia dalam memilih Perguruan Tinggi impian untuk menggapai cita-cita.

Cara Pendaftaran Akun LTMPT

Oleh karena, dalam Seleksi penerimaan Mahasiswa Baru PTN haruslah kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel,dan tidak diskriminatif. Maka peran sebuah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terstandar sangatlah dibututhkan

Baca Juga: Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran SNMPTN, UTBK SBMPTN 2021

Tentang TLMPT

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT merupakan pijakan pertama bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-cita.

LTMPT memposisikan diri sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia dan memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Glow and Lovely 2021 untuk Mahasiswi S1

Fungsi LTMPT

  • Mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh rektor/direktur PTN.
  • Melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer UTBK
  • Menyampaikan hasil UTBK kepada peserta dan PTN tujuan.

Tujuan LTMPT

  • Melaksanakan tes masuk PT yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.
  • Membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya, melalui jalur SNMPTN
  • Membantu memperoleh calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK saja atau UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, melalui jalur SBMPTN

Cara Daftar Akun LTMPT Terbaru

Salah sastu persyaratan Siswa SMA/MA/SMK untuk mendaftar akun LTMPT untuk ikut SNMPTN adalah memiliki NISN dan terdaftar di PDSS. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar.

PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.

Daftar Akun LTMPT Sekolah

  1. Buka halaman https://portal.ltmpt.ac.id dan klik link Daftar Disini lalu pilih menu Sekolah
  2. Masukkan NPSN dan kode registrasi Dapodik/Emis
  3. Masukkan nama kepala sekolah atau operator sekolah, tanggal lahir, email aktif dan password
  4. Setelah klik tombol Daftar, akan muncul nitifikasi aktivasi pembuatan akun LTMPT dengan username .....@gmail.com telah berhasil.
  5. Buka inbox/spam email Anda, lalu klik aktivasi akun

Verifikasi Data Sekolah

  1. Setelah akun aktif lakukan login ke halaman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  2. Anda akan diarahkan menuju dashboard portal LTMPT. Pilih menu Verifikasi dan validasi Data Sekolah dan Siswa (Verval)
  3. Dihalaman verifikasi data sekolah. Periksa data sekolah Anda dengan seksama. Jika ada kesalahan data lakukan perubahan melalui Dapodik/Emis kemudian tekan tombol Perbarui Data.
  4. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke ahalaman verifikasi data siswa. Mohon untuk memeriksa kevalidan data siswa dari daftar siswa kelas 12 beserta dengan status akunya. Jika terdapat kesalahan mohon untuk melakukan perbaikan melalui Dapodik/EMIS setelah itu tekan tombol Perbarui Data
  5. Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman verifikasi
  6. Pastikan data sekolah Anda sudah benar. Jika sudah yakin, centang pernyataan dan tekan tombol Simpan Permanen. jika sudah tersimpan permanen maka data sekolah tidak dapat diubah kembali.

 Daftar Akun LTMPT Siswa

  1. Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id dan klik link Daftar Disini lalu Pilih menu Siswa
  2. Masukkan NISSN, NPSN dan tanggal lahir lalu tekan tombol selanjutnya
  3. Masukkan email aktif dan password lalu klik Daftar
  4. Setelah klik tombol daftar, akan muncul notifikasi pembuatan akun dengan username ....@gmail.com telah berhasil
  5. Buka inbox/spam email Anda lalu lakukan Aktivasi Akun

Verifikasi Data Siswa

  1. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  2. Anda akan diarahkan menuju dashboard portal LTMPT. pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa (VERVAL)
  3. Di halaman verifikasi data siswa. Periksa data Anda dengan seksama. Isi kolom NIK, agama, alamat, nomor telepon, dan yang masih kosong. Apabila ada kesalahan data, lalukkan perubahan melalui sekolah Anda. Kemudian tekan Perbarui Data
  4. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman verifikasi riwayat sekolah. Mohon untuk memeriksa kevalidan data. Jika terdapat kesalahan mohon untuk melakuka perbaikan melalui sekolah, setalaha itu tekan tombol Perbarui Data.
  5. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman Unggah pasfoto. unggah pasfoto terbaru Anda sesuai denngan ketentuan yang tertera
  6. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman penyesuaian pasfoto
  7. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman konfirmasi data
  8. Pastikan data Anda sudah benar. Jika sudah yakin, centang pernyataan dan tekan tombol Simpan Permanen. 
  9. Jika sudah simpan permanen maka data Anda tidak dapat diubah kembali

Buku Panduan Pendaftaran Akun LTMPT

Download Buku Petunjuk Pendaftaran Akun LTMPT 2021 untuk sekolah dan Siswa DISINI
Demikian Informasi tentang Panduan Lengkap Cara Pendaftaran Akun LTMPT Tahun 2021. Semoga bermanfaat, jika tidak keberatan mohon untuk bagikan informasi ini ke teman-teman Anda yang membuutuhkan.
INFORMASI TERBARU