Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

iklan head

Pentingnya Pendidikan Bagi Perempuan Sebagai Penentu Kemajuan

Pentingnya Pendidikan Bagi Perempuan

Lamopi.Com - Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian.

Pendidikan dan Perempuan

Menurut Ki Hajar Dewantara, pengertian pendidikan adalah proses menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak peserta didik, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Glow and Lovely 2021 untuk Mahasiswi S1

Di Zaman sekarang yang katanya udah cerdas ini, masih banyak yang bilang "Ngapain sih cewek sekolah tinggi-tinggi? Ujungnya ke dapur juga."

Lalu bagaimana? Apakah memang benar pendidikan untuk perempun tidak penting?

Pada masa sekarang ini seharusnya pendidikan itu tidak memandang gender, baik itu dari kaum laki-laki ataupun perempuan. Memiliki pendidikan yang tinggi bagi seorang perempuan mungkin bukan hal yang mudah untuk dicapai apalagi jika dikaitkan dengan kodrat perempuan yang kelak akan menjadi ibu rumah tangga. So, why not? Tidak lah salah jika kelak memang seorang perempuan akan menjadi ibu rumah tangga tetapi memiliki pendidikan yang tinggi.

Pendidikan tinggi yang dimaksud ini juga bukan hanya berbicara tentang pendidikan formal yang kita peroleh di sekolah atau di universitas, tetapi bagaimana seorang perempuan memiliki pengetahuan yang luas dan berusaha meraih pendidikan yang lebih baik itu juga menjadi catatan penting dari hasil yang secara kasat mata selalu terlihat.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa IDEAS 2021 untuk SLTA dan Mahasiswa

"Ibu yang cerdas akan menghasilkan anak yang cerdas" tentu kata-kata seperti itu juga sangat sering kita dengar bukan? Jadi bagaimana pendidikan untuk perempuan itu penting atau tidak?

Membentuk Pola Pikir Yang Kritis

Salah satu alasan utama kenapa pendidikan itu sangat penting adalah karena pola pikir seseorang akan terbentuk melalui pendidikan.

Pola pikir yang baik akan membuat wanita dapat berpikir kritis terhadap sesuatu dari berbagai sudut pandang, sehingga mampu memutuskan segala sesuatu dengan pemikiran yang matang tanpa mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa S1 WMI Wells Mountain Initiative 2021 untuk Lulusan SLTA

Memiliki Wawasan dan Pengetahuan Yang Luas

Manfaat memperoleh pendidikan yang lain adalah untuk memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang, tak terkecuali untuk para wanita.

Wawasan yang luas mampu menjadikan seorang wanita menjadi pribadi yang aktif, kreatif, dan inovatif dalam melakukan segala sesuatu.

Berkesempatan Memiliki Karier Yang Lebih Baik

Pendidikan juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dari kesetaraan gender. Melalui pendidikan, seorang wanita dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh karier yang lebih baik.

Melalui pendidikan pula seorang wanita dapat menghapus segala bentuk diskriminasi yang selama ini telah membatasi wanita untuk dapat berkarya dan berprestasi.

Wujud Bakti Kepada Orangtua

Sejalan dengan alasan sebelumnya, pendidikan juga dapat menjadi wujud bakti seseorang terhadap orangtuanya, salah satunya dengan membanggakan mereka.

Dengan wawasan dan karier yang baik, setiap wanita tentu akan memiliki kesempatan untuk mengangkat derajat orangtua maupun keluarganya, sehingga bisa menjadi penopang kehidupan orangtuanya di masa depan.

Membantu Finansial Keluarganya di Masa Depan

Dalam keluarga, suami memang menjadi tulung punggung bagi keluarganya.

Namun, ada kalanya jika suami mengalami kesulitan finansial di waktu mendatang yang bahkan tak terduga.

Pendidikan yang dimiliki wanita tentu akan sangat berguna di saat-saat seperti itu, baik untuk dapat bekerja maupun dengan berbisnis secara mandiri. Jadi selain menjadi ibu rumah tangga, setiap wanita pun akan mampu berkontribusi untuk membantu suami menopang kehidupan keluarganya kelak

Mandiri dan Percaya Diri

Dengan ilmu yang kita miliki, kamu nggak takut untuk berbicara banyak hal dengan lawan bicara. Selain membahas tentang fashion dan makeup, kamu juga percaya diri untuk membicarakan teknologi, keuangan, atau politik. Obrolan seru yang kamu lakukan setiap hari akan semakin berkualitas dibandingkan membicarakan orang lain.

Memiliki Gaya Hidup Yang Sehat

Masih ingat bagaimana dunia sebelum mengenal antibiotik dan vaksin? Pendidikan yang semakin baik dan teknologi yang semakin maju membuat hidup menjadi lebih baik dan mudah. Memanfaatkan ilmu yang dimiliki dan mempelajarinya bisa memberi manfaat di dunia kesehatan. Kamu nggak akan mudah percaya takhyul dan pengobatan gaib dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Siapa tahu saja beberapa tahun mendatang, pengobatan tradisional dan modern semakin baik.

Safe S3ks

Pendidikan sangat penting bagi perempuan untuk mencegah beragam risiko kesehatan terkait s3ks. Perempuan dengan tingkat pendidikan tinggi diharapkan lebih cerdas dan hati-hati dalam s3ks. Perempuan dengan tingkat pendidikan tinggi diharapkan bisa membantunya mencegah penyebaran HIV atau penyakit menular s3ksual lainnya.

Menghindari Human Trafficking

Human Trafficking atau Perdagangan Manusia. Menurut data dari PBB, perempuan adalah pihak yang rentan diperjual-belikan. Menyedihkannya lagi, perempuan yang berpendidikan rendah atau tidak pernah mengenyam dunia pendidikan tinggi menjadi korban utama dalam human trafficking ini.

Mengurangi Angka Kemiskinan

Pendidikan yang memadahi bagi perempuan maupun pria akan membantu mengurangi angka kemiskinan dalam suatu negara. Pendidikan yang memadahi juga akan membantu siapapun mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Perempuan yang berpendidikan dan cerdas juga akan lebih pandai mengelola keuangannya maupun keuangan di keluarganya.

Representasi Politik

Di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, nampaknya perempuan masih kurang terwakili dalam dunia politik dan pemerintahan. Pelatihan kepemimpinan, organisasi, dan memperbaiki tingkat pendidikan bagi perempuan adalah cara untuk memberdayakan perempuan untuk maju ke pentas politik agar suara-suara perempuan tidak hilang di tengah tekanan patriarki.

Ibu Berpendidikan Melahirkan Anak yang Cerdas

Beberapa penelitian menyebutkan jika ibu berpendidikan akan melahirkan anak-anak yang cerdas. Penelitian juga menyebutkan jika ibu berpendidikan akan menurunkan angkat kematian pada anak atau bayi. Ibu berpendidikan juga akan membentuk anak-anak menjadi pribadi yang lebih berpendidikan, mengesankan dan mengagumkan di dunia akademis maupun non akademis.

Mencegah Pernikahan Dini

Data United Nations Population Fund menunjukkan, satu dari tiga anak perempuan di negara terbelakang menikah sebelum mencapai usia 18 tahun. Itu tandanya perempuan lebih besar kehilangan haknya untuk mengembangkan diri karena disibukkan dengan hal-hal domestik keluarga, seperti mengurus anak.

Menjadi Bukti Bahwa Wanita Adalah Sosok Yang Hebat

Terakhir namun tidak kalah penting. Pendidikan yang dimiliki wanita akan mencerminkan bahwa wanita merupakan figur yang hebat, karena mampu berkontribusi bagi masa depan dunia dengan mendidik calon-calon generasi yang akan memimpin dunia kelak.

"Apa Pun Dirimu, Jadilah Yang Baik."

Source: Idn Times/Liputan 6/Kompasiana

INFORMASI TERBARU