Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

iklan head

Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi SDM Perkebunan Kelapa Sawit tahun 2021

Beasiswa Perkebunan Kelapa Sawit

Lamopi.com - Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi SDM Perkebunan Kelapa Sawit tahun 2021. Beasiswa ini merupakan Beasiswa Penuh yang menanggung seluruh biaya pendidikan dan biaya penunjang lainya.

Beasiswa SDM Sawit 

Direktorat Jenderal Perkebunan dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mengundang pekebun kelapa sawit, keluarga pekebun kelapa sawit dan ASN/TKP3/PLP-TKP3 yang bertugas di bidang kelapa sawit untuk mengikuti seleksi nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2021.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Keguruan Rubic 2021/2022 untuk Mahasiswa S1

Fasilitas Beasiswa SDM Sawit

  • Transport PP ke/dari kampus
  • Biaya Pendidikan (Penuh)
  • Biaya Asrama/Kamar Kost
  • Uang Saku & Uang Buku
  • Magang di Perkebunan Besar
  • Sertifikat Kompetensi

Perguruan Tinggi Mitra

  • Politeknik Perkebunan Yogyakarta
  • Politeknik Kampar
  • Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta
  • STIPAP
  • Politeknik Citra Widya Edukasi
  • Intitut Teknologi Sains Bandung (ITSB)

Persyaratan Jalur Pekebun dan Keluarga Pekebun

  1. Pas foto ukuran 4×6 dengan latar belakang biru.
  2. Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga. Khusus untuk peserta dari Keluarga Pekebun wajib menyertakan AKTA KELAHIRAN.
  3. Rapor/Laporan Hasil Penilaian Siswa (semester 1 s/d 6) atau laporan akhir sekolah bagi yang telah menyelesaikan pendidikan menengah (dengan nilai rata-rata 7) atau transkrip nilai bagi yang telah menyelesaikan pendidikan diploma (dengan IPK 2,75).
  4. Khusus untuk calon peserta yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat, menyampaikan Rapor/Laporan Hasil Penilaian Siswa atau laporan akhir sekolah bagi yang telah menyelesaikan pendidikan menengah (dengan nilai rata-rata 6) (semester 1 s/d 6) atau transkrip nilai bagi yang telah menyelesaikan pendidikan diploma (dengan IPK 2,50).
  5. Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL) sekolah menengah umum/kejuruan atau ijazah pendidikan diploma bagi yang telah lulus program diploma.
  6. Bagi calon peserta yang tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu ekonomi yang diterbitkan    oleh kepala desa/lurah tempat domisili serta rapor/laporan hasil penilaian siswa atau laporan akhir sekolah bagi yang telah  menyelesaikan pendidikan menengah (semester 1 s/d 6) atau transkrip nilai bagi yang telah menyelesaikan pendidikan diploma  (format surat pernyataan terlampir).
  7. Legalitas lahan kelapa sawit dengan maksimal 4 ha per kepala keluarga yang dibuktikan dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) atau bukti kepemilikan tanah lainnya yang diakui keberadaannya dan Surat Pernyataan memiliki luas lahan maksimal 4 ha yang di tandatangani oleh yang bersangkutan dan diketahui oleh kepala desa. (format surat pernyataan terlampir khusus pekebun) (format surat pernyataan terlampir khusus keluarga pekebun). Apabila nama pekebun atau keluarga Pekebun tidak sesuai dengan legalitas lahan, dilengkapi dengan surat keterangan beda nama dari kepala desa atau surat register (waarmerking) atau pejabat pertanahan setempat.
  8. Tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Koperasi atau Kelembagaan Ekonomi Pekebun Lainnya yang dibuktikan dengan:
    • Legalitas Poktan atau Gapoktan dapat berupa penetapan dari bupati/wali Kota, kepala desa, notaris atau Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan terdaftar/teregister pada Sistem Penyuluhan Pertanian (SIMLUHTAN) atau surat keterangan dari kepala Dinas daerah kabupaten/kota bagi yang belum terdaftar di SIMLUHTAN;
    • Legalitas Koperasi harus berbadan hukum dan dalam bentuk Koperasi primer; atau
    • Legalitas Kelembagaan Ekonomi Pekebun lainnya harus berbentuk akta notaris.
  9. Surat pernyataan bahwa bersedia mengelola kelembagaan Pekebun sendiri atau kelembagaan Pekebun lain atau bekerja pada industri kelapa sawit setelah menyelesaikan pendidikan atau sebagai petugas pendamping atau fasilitator desa. (format surat pernyataan terlampir).
Seluruh dokumen dipindai (scan) dengan format .pdf atau .jpg dengan ukuran setiap file maksimal 2 (dua) MB.

Persyaratan Jalur ASN (PNS, PPPK, TKP3, PLP-TKP3)

  1. Pas foto ukuran 4×6 dengan latar belakang biru.
  2. Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.
  3. Berprestasi dibuktikan dengan:
    • Rapor/ Laporan Hasil Penilaian Siswa (semester 1 s/d 6) atau laporan akhir sekolah bagi yang telah menyelesaikan pendidikan menengah (dengan nilai rata-rata 7); atau
    • Transkrip nilai bagi yang telah menyelesaikan pendidikan diploma dilengkapi (dengan IPK 2,75).
  4. Khusus untuk calon peserta yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat, menyampaikan rapor/ Laporan Hasil Penilaian Siswa (semester 1 s/d 6) atau laporan akhir sekolah bagi yang telah menyelesaikan pendidikan menengah (dengan nilai rata-rata 6) atau transkrip nilai bagi yang telah menyelesaikan pendidikan diploma (dengan IPK 2,50)
  5. Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL) sekolah menengah umum/kejuruan atau ijazah pendidikan diploma bagi yang telah lulus program diploma.
  6. Surat Keputusan Pengangkatan sebagai ASN (minimal 2 tahun sejak pengangkatan).
  7. Surat penugasan di unit kerja yang membidangi perkebunan kelapa sawit.
  8. Surat komitmen untuk mengabdi di bidang kelapa sawit. (format surat komitmen terlampir).
  9. Surat pernyataan dari atasan dan pejabat pembina kepegawaian bahwa tidak akan dimutasi keluar dari unit kerja yang menangani kelapa sawit. (format surat pernyataan terlampir).
Seluruh dokumen dipindai (scan) dengan format .pdf atau .jpg dengan ukuran setiap file maksimal 2 (dua) MB.

Cara Daftar Beasiswa SDM Sawit

Untuk mendaftar Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi SDM Perkebunan Kelapa Sawit tahun 2021, Silahkan untuk membuat Akun di link beasiswasdmsawit.id

Pada saat melakukan pendaftaran pilihlah salah satu jalur yang disediakan. Selanjutnya isilah data diri Anda secara lengkap. Kemudian pilihlah program studi (satu pilihan prodi untuk satu Perguruan Tinggi), urutan pilihan prodi menyatakan prioritas pilihan. Setelah itu peserta akan mendapat User Id dan PIN.

Login kembali di beasiswasdm.id menggunakan User Id dan PIN anda lalu lengkapi mengunggah foto akun dan mengisi biodata serta mengunggah dokumen.  Sebelum melakukan penguncian data, seluruh data yang diisikan pada akun pendaftar harus dipastikan kebenaranya.

Cek Kelulsan Administrasi Beasiswa SDM Sawit

Peserta yang sudah melakukan "Finalisasi Data" dapat melihat status kelulusan administrasi di website beasiswasdmsawit.id dengan login ke akun peserta. Status kelulusan dapat dilihat 2 s.d 3 hari setelah peserta melakukan finalisasi data/penguncian data.

Deadline Beasiswa SDM Sawit

  • Sosialisasi Beasiswa : 26 Juli - 19 Agustus 2021
  • Pendaftaran : 29 Juli - 19 Agustus 2021
  • Finalisasi Data dan Perbaikan Data : 29 Juli - 21 Agustus 2021
  • Tes Seleksi (Online) : 24 Agustus - 3 September 2021
  • Pengumuman : 25 September 2021
  • Kuliah Perdana : Oktober 2021

Link Beasiswa SDM Sawit

https://beasiswasdmsawit.id/
Email : panitia@beasiswasdmsawit.id

Demikian informasi tentang Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi SDM Perkebunan Kelapa Sawit tahun 2021. Semoga bermanfaat.

INFORMASI TERBARU