Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Laga Pembuka Piala Dunia 2022: Ekuador Permalukan Tuan Rumah Qatar

Laga Pembuka Piala Dunia 2022: Ekuador Permalukan Tuan Rumah Qatar

Piala Dunia - Laga pembuka gelaran FIFA World Cup 2022 mempertemukan tuan rumah Qatar melawan Ekuador di yang berlangsung Al Bayt Stadium, Minggu (20/11/2022) dimenangkan oleh tim La Tricolor.

Pada laga pertama ini, Sejak menit awal Qatar menerapkan strategi bertahan dengan formasi 5-3-2 mendapatkan tekanan terus-menerus dari Ekuador. Sebaliknya, Ekuador memang menerapkan strategi menyerang dengan formasi 4-4-2.

Meski menerapkan strategi bertahan, Qatar yang merupakan Juara Piala Asia 2019 sulit untuk membendung gempuran Ekuador, hasilnya pada menit ke-16, penjaga gawang Qatar terpaksa menjatuh kan pemain Ekuador saat one on one di kotak penalti.

Hadiah penalti yang didapat Ekuador tidak disia-siakan oleh sang eksekutor Enner Valencia, Dengan sangat tenang Valencia melesakkan bola ke sebelah kiri gawang dan membuat Ekuador unggul 1-0 atas Qatar.

Tertinggal 1-0, Qatar belum mampu bangkit dari keterpurukan dan terus menerus mendapatkan tekanan dari serangan yang di lancarkan tim lawan.

Ekuador mampu menggandakan gol melalui brace yang di catatkan Enner Valencia pada menit 31 yang berdiri bebas saat menerima bola crosing dan menyundul bola dengan sangat terarah ke pojok kanan gawang Qatar.

Brace Enner Valencia membawa Ekuador unggul 2-0 atas tuan rumah Qatar dan skor bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua Qatar vs Ekuador

Pada babak kedua, Ekuador yang sudah unggul dua gol tak lantas mengendurkan serangan. Pressing ketat yang dilancarkan tim berjuluk La Tricolor kerap kali membahayakan pertahanan sang tuan rumah dan skuad Qatar pusing. 

Memasuki menit ke-60, Qatar mulai mampu bermain lebih menyerang. Duo penyerang Qatar, Alomez Ali dan Akram Afif, beberapa kali mampu merangsek ke daerah pertahanan Ekuador, namun belum mampu menjebol gawang yang dijaga Hernan Galindez.

Ekuador yang sudah meraih hasil dua gol tanpa balas dari Qatar di pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 mulai mengubah skema permainan saat memasuki menit ke-80. Sang  striker sekaligus pencetak brace di pertandingan tersebut, Enner Valencia, digantikan Jose Cifuntes yang notabene merupakan pemain tengah.

Menjelang akhir pertandingan, Qatar berulang kali mampu melancarkan serangan berbahaya.

Mohammed Muntari yang merupakan pemain pengganti berhasil melancarkan tendangan keras ke gawang Ekuador di menit ke-87. Sayang tendangan Muntari masih sedikit melebar di atas mistar gawang.

Strategi yang dilancarkan Ekuador cukup berhasil dalam meredam upaya Qatar untuk memperkecil ketertinggalan. 

Hasilnya, tidak ada gol di babak kedua dan pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan Ekuador.

close