Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pendaftaran SPCP IPDN 2023/2024 Sekolah Kedinasan Kemendagri

Pendaftaran SPCP IPDN 2023

Sekolah Kedinasan - Pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2023 kembali dibuka. Bagi adik-adik lulusan sekolah menengah yang ingin menjadi ASN atau PNS di lingkungan kerja Kementerian Dalam Negeri, silahkan mendaftar IPDN sekarang juga.

Pendaftaran IPDN 2023

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian.

Baca Juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 Poltek SSN (Politeknik Siber dan Sandi Negara)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri menyelenggarakan program pendidikan meliputi program Diploma IV. Sarjana, Pascasarjana dan Program Profesi Kepamongprajaan.

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Siber dan Sandi Negara ini akan bersamaan dengan Penerimaan Taruna Baru untuk Sekolah Kedinasan lainya melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara SSCASN BKN di laman https://sscasn.bkn.go.id atau https://dikdin.bkn.go.id

Baca Juga: Pendaftaran Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2023/2024

Kuota Formasi IPDN 2023

Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/675/M.SM.01.00/2023 tanggal 29 Maret 2023 Hal Persetujuan Prinsip Kebutuhan Praja Sekolah Kedinasan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun Anggaran 2023 untuk Mengisi Kebutuhan CPNS di Lingkungan Instansi Pemerintah, telah ditetapkan formasi Calon Praja IPDN sebanyak 534 (lima ratus tiga puluh empat) untuk SPCP IPDN Tahun 2023, sehingga Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia memberikan kesempatan bagi Putra/Putri Warga Negara Republik Indonesia untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2023.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) 2023/2024

Tujuan Penerimaan SPCP IPDN

Maksud dan tujuan pelaksanaan seleksi penerimaan calon Praja IPDN adalah untuk menjaring calon Praja IPDN yang berkualitas dalam hal memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan yang memadai, kesehatan diri yang prima, kemampuan psikologis diri yang mampu berkembang secara potensial, integritas dan kejujuran diri yang terpercaya, kemampuan berkomunikasi yang efektif, dan kesiapan untuk bekerja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Djarum 2023/2024 Untuk Mahasiswa S1/D4

Persyaratan SPCP IPDN 2023

Perysaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Januari 2023; dan
  3. Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm.

Persyaratan Administrasi

  1. Berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) termasuk lulusan Paket C, bagi lulusan Tahun 2020 – 2023, dengan ketentuan:
  2. Nilai Rata-rata Ijazah minimal 70,00 (tujuh puluh koma nol-nol); dan
  3. Nilai Rata-rata Ijazah bagi pendaftar di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya minimal 65,00 (enam puluh lima koma nol-nol).
  4. Bagi yang memperoleh ijazah dari sekolah di luar negeri harus mendapat pengesahan berupa surat pernyataan/persamaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi;
  5. Berdomisili minimal 1 (satu) tahun di Kabupaten/Kota pada Provinsi tempat mendaftar secara sah terhitung pada tanggal awal pendaftaran yang dibuktikan dengan KTP-el, Kartu Keluarga dan Surat Pindah (bagi yang pindah tempat tinggal) serta dokumen lain yang berhubungan dengan domisili, dikecualikan bagi orang tua (Bapak/Ibu Kandung) peserta yang lahir di tempat pendaftaran dibuktikan dengan akta kelahiran orang tua dan/atau surat penempatan pindah tugas orang tua dari instansi masing-masing. Apabila terbukti melakukan duplikasi/pemalsuan/rekayasa keterangan akan ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Surat Keterangan Kelas XII SMA/MA yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang dan dicap/distempel basah, bagi siswa SMA/MA lulusan Tahun 2023 untuk dokumen awal persyaratan pendaftaran;
  7.  Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) khusus bagi peserta OAP ditandatangani oleh Ketua atau Anggota Majelis Rakyat Papua berdasarkan keanggotaan yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan diketahui oleh Kepala Distrik pada Kabupaten/Kota pendaftaran, yang dibuktikan dengan cap/stempel basah;
  8.  Pakta Integritas Tahun 2023;
  9. Alamat e-mail yang aktif; dan
  10. Pasfoto berwarna ukuran foto 4x6 cm dengan menghadap ke depan dan tidak memakai kacamata, serta mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos dengan latar belakang merah.

Persyaratan lainya

  1. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  2. Tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi peserta pria, kecuali karena ketentuan agama/adat;
  3. Tidak bertato;
  4. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak;
  5. Belum pernah menikah/kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan;
  6. Belum pernah diberhentikan sebagai Praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya dengan tidak hormat;
  7. Apabila pendaftar dinyatakan lulus, maka pendaftar:
  8. tidak diperkenankan mengundurkan diri;
  9. sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan;
  10. bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  11. bersedia ditempatkan di seluruh kampus IPDN pada saat proses pendidikan;
  12. bersedia mentaati segala peraturan yang berlaku di IPDN; dan
  13. bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN apabila melakukan Pelanggaran Disiplin Praja sebagaimana diatur dalam Pedoman Tata Kehidupan Praja.

Catatan: Apabila pendaftar terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen persyaratan di atas, maka pendaftar dinyatakan GUGUR.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Glow and Lovely 2023/2024 untuk Mahasiswi S1

Cara Mendaftar IPDN 2023

Pendaftaran seleksi penerimaan calon praja (SPCP) Intitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2023 dilakukan secara daring/online melalui laman resmi SSCASN BKN https://dikdin.bkn.go.id

Pelamar membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan tahun 2023

Selanjutnya Login dengan menggunakan NIK dan password yang telah berhasil didaftarkan.

Peserta memilih Sekolah Kedinasan dan mengunggah dokumen persyaratan administrasi dengan ukuran dan format tertentu sesuai dengan yang termuat pada laman resmi SSCASN BKN

Setelah menyelesaikan pendaftaran, peserta mengecek resume dan mencetak bukti pendaftaran. Kemudian mengikuti Seleksi sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Jadwal Pendaftaran SPCP IPDN

  • Pendaftaran online: 3 - 30 April 2023
  • Verifikasi Dokumen Persyaratan administrasi: 4 April - 2 Mei 2023
  • Pengumuman Verifikasi Dokumen Administrasi: 4 Mei  2023
  • Jadwa selanjutnya akan di update

Diharapkan peserta selalu update informasi pelaksanaan SPCP antara lain perubahan jadwal, lokasi pelaksanaan tes dan informasi lainya pada laman https://spcp.ipdn.ac.id

Download File Pengumuman SPCP IPDN Download Disini

Tips Lulus IPDN 2023

Berikut beberapa tips yang perlu disiapkan sebelum mengikuti seleksi sekolah ikatan dinas tersebut.

1. Siapkan berkas administrasi yang dibutuhkan

Pada tahapan awal seleksi, Kamu diminta untuk mengunggah beberapa berkas yang nantinya akan di verifikasi kebenarannya. Berkas-berkas tersebut digunakan untuk menyortir calon siswa-siswi dan taruna-taruni yang layak maju ke proses selanjutnya.

Oleh karena itu, pastikan segala dokumen, seperti KTP, ijazah, akta kelahiran, surat rekomendasi, kartu keluarga, dan data-data lainnya lengkap.

2. Belajar

Nah, tentunya Kamu harus punya bekal ilmu sebagai pegangan. Karena ada banyak rentetan seleksi yang harus dilalui. Seperti misalnya tes tertulis, meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemempuan Dasar (TKD), Tes Kemempuan Bidang (TKB), dan psikotes, serta tes wawancara.

Untuk itu, jangan lupa belajar terlebih yang dipelajari harus sesuai sekolah kedinasan yang dipilih. Gampangnya, Kamu bisa pelajari contoh-contoh soal yang pernah keluar di ujian sebelumnya. Berlatihlah mengerjakan soal dengan cepat karena saat tes nanti waktu yang diberikan sangat terbatas.

3. Kuasai Kemampuan Bahasa dan Komputer

Kemampuan bahasa Inggris dan keterampilan komputer merupakan salah satu modal penting dalam menjalani seleksi masuk sekolah kedinasan. Tes ini juga menjadi salah satu tahapan penting yang menentukan calon siswa dan taruna untuk lolos ke tahapan berikutnya.

4. Siapkan Mental

Jaga kondisi mental. Jangan stress karena kondisi mental akan mempengaruhi seseorang dalam mengerjakan setiap tahapn seleksi tes masuk sekolah kedinasan. Jika kondisi mental Kamu baik, hasilnya juga pasti akan baik.

5. Jaga Kesehatan

Kesehatan tubuh merupakan faktor yang sangat penting saat menjalani tahapan seleksi sekolah kedinasan. Apalagi nantinya akan ada tes fisik dan juga kesehatan.

Sebelum menjalani tes kesehatan, pastikan bahwa kondisi anda dalam keadaan benar-benar fit. Lakukan pemeriksaan diri secara keseluruhan sebelum tes berlangsung.

Jangan lupa untuk tidur yang cukup dan mengonsumsi vitamin sebelum menghadapi setiap tes yang diberikan.

6. Bersikap jujur

Jawablah segala pertanyaan dengan jujur, sopan, dan menggunakan bahasa yang formal. Di samping itu, kejujuran juga penting saat melakukan pengumpulan dokumen.

Jangan berani-berani memalsukan atau memanipulasi data karena bisa membuatmu langsung gugur dalam proses seleksi.

7. Berdoa

Nah, jangan cuma berusaha. Kamu juga harus berdoa ya, siapa tahu aja ada keajaiban atau keberuntungan yang berpihak pada kamu.

Selamat Berjuang. Semoga Anda menjadi salah satu Calon Praja IPDN 2023 yang lulus tahun ini.  
X