Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Profil Rafael Struick, Debut Mengesankan bersama Timnas Indonesia vs Palestina

Rafael Struick

Liputan Timnas - Striker anyar Timnas Indonesia, Rafael Struick, tampil cukup memukau dalam laga debutnya bersama Timnas Indonesia Senior menghadapi Palestina pada rangkaian FIFA Match Day, Rabu (14/6/2023) malam.

Striker berdarah Indonesia-Belanda  tersebut langsung tampil sebagai starter dalam debutnya bersama Timnas Senior. Sebelumnya Rafael dinaturalisasi sebagai amunisi untuk Piala Dunia U20, namun gagal digelar di Indonesia.

Tampil selama 45 menit sepanjang babak pertama, Rafael Struick beberapa kali mencuri perhatian karena aksi-aksinya di lapangan. Mulai assist-nya untuk Dimas Drajad, umpan manis ke Marselino Ferdinan, hinga solo run di garis pertahanan Palestina.

Baca Juga: Ditahan Imbang Palestina, Coach STY Kecewa: Harusnya Bisa Cetak 2 sampai 3 Gol

Performa Debutnya ramai diperbincangkan di jejaring sosial dan menuai pujian dari publik. Namun, banyak peluang yang gagal berbuah gol berkat penampilan apik dari Penjaga Gawang Palestina.

Debut Rafael Struick bersama Timnas Indonesia mendapatkan menit bermain hanya 45 menit saja, dan digantikan oleh Dendi Sulistiawan memasuki babak kedua.

Profil Rafael Struick

Bermain apik dalam debutnya, lantas membuat banyak publik penasaran dan bertanya asal usulnya ?

Rafel merupakan penyerang muda milik ADO Den Haag yang lahir pada 27 Maret 2003 atau 19 tahun silam di Leidschendam, Belanda.

Ia lahir dan dibesarkan di Belanda, serta mengawali karirnya sebangai pemain sepak bola di negara berjuluk Kincir Angin tersebut dengan bergabung bersama RKAVV pada usia muda.

Dari tim RKAVV ia melanjutakan berbagung di Forum Sport, dan selanjutnya memutuskan bergabung dalam akademi klub profesional Belanda ADO Den Haag.

Rafael mulai bermain bagi tim kelompok umur ADO Den Haag sejak tahun 2020, dan dengan cepat menembus tim utama.

Bermain untuk tim U-18 dan tim U-20 ADO Den Haag, Rafael Struick telah memcatatkan 26 penampilan dengan torehan 7 gol dan 6 assistnya.

Berkat penampilan ciamik di kelompok umur. Pada tahun 2022 berhasil menembus tim utama dan melakoni debutnya bersama ADO Den Haag di Eerste Divisie (kompetisi kasta kedua belanda) menghadapi FC Emmen.

Pasca Debut bersama tim utama ADO Den Haag, Rafael langsung disodorkan kontrak profesional dari juni 2022 hingga 2024.

Rafael sendiri merupakan pemain profesional berdarah Indonesia yang mengalir dari ayahnya.

Ia ditargetkan untuk dinaturalisasi oleh PSSI sebagai peersiapan amunisi mengisi skuad Garuda muda yang sebelumnya diagendakan menjadi tuan rumah gelaran FIFA U-20 Wolrd Cup.

Rafael memulai proses naturalisai bersama dengan Ivar Jenner dan Justin Hubner, dan mulai menjalani debut bersama timnas garuda muda saat menjalani pemusatan latihan di Eropa.

Rafael Struick juga tampil mengesankan dalam pertandingan debutnya bersama Timnas Indonesia U-20 saat beruji coba melawan Slovakia di Pinatar Arena, Spanyol, Sabtu (19/11/2022).

Kini, meskipun gagal mentas di Piala Dunia U-20 bersama timnas Indonesia U-20, proses naturalisasi Rafael dan Ivar Jenner terus berlanjut. Dan setelah sah menjadi WNI, kini ia berhasil DEBUT dengan penampilan mengesankan bersama Timnas Senior.

Follow akun sosial media kami untuk mendapatkan informasi seputar Timnas Indonesia lainya langsung di sosial media Anda. Terima kasih

Facebook        : Timnas Indonesia
Twitter             : Liputan Timnas indonesia
Goggle News  : Timnas Indonesia

X