Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting


Kisi-kisi Soal dan Tips Lulus Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2020

Kisi-kisi Soal dan Tips Lulus Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2020

Lamopi.Com - Kisi-kisi Soal dan Tips Lulus Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2020. Rekrutmen CPNS tahun anggaran 2019 kini sudah memasuki tahap Seleksi Kompetensi Bidang. Semua Instansi sudah mengumumkan lokasi, jadwal, dan sesi tes setiap peserta SKD.

Seleksi Kompetensi Bidang 9SKB) CPNS

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sendiri dijadwalkan berlangsung mulai dari tanggal 27 Januari sampai dengan tanggal 28 Februari 2020.
Baca Juga: Download Soal SKB CPNS 2020 Semua Formasi - LENGKAP
Bagi peserta yang nilai SKD nya memenuhi pasing grade serta masuk dalam perangkingan 3 kali jumlah formasi yang dilamar, berhak untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Ketentuan Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2020

  1. Jumlah peserta yang dapat mengikuti SKB paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan/formasi setiap jabatan berdasarkan peringkat nilai SKD.
  2. Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional.
  3. Pelaksanaan dan materi SKB di Instansi Pusat selain dengan CAT dapat pula berupa:
    • Tes potensi akademik
    • Tes praktek kerja
    • Tes bahasa asing, tes fisik/kesamaptaan
    • Psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit dua jenis/bentuk tes
  4. Materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang bersesuaian/masih satu rumpun dengan Jabatan Fungsional terkait
  5. Jabatan yang bersifat sangat teknis/keahlian khusus, seperti: Pranata Komputer, SKB dapat dilakukan dalam bentuk tes praktik kerja
  6. Instansi Daerah yang menyelenggarakan SKB selain dengan CAT, wajib menetapkan pedoman/panduan pelaksanaan SKB dan menyampaikan kepada Menteri dengan tembusan Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas, satu minggu sebelum pelaksanaan SKD dimulai.
Baca juga:

Kisi-kisi Soal SKB CPNS 2019

Berikut ini kisi-kisi materi soal CPNS tes SKB CPNS 2020 yang kami rangkum dari bocoran SKB yang di unggah akun twitter resmi BKN, @BKBgoid:

1. Pahami jabatan yang dilamar

BKN mengumumkan terdapat 2 jenis jabatan atau formasi yang nantinya mempengaruhi jenis soal yang akan diujikan pada ujian SKB.

Kedua jenis jabatan tersebut yaitu Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP).

Anda harus memahami formasi dan jenis jabatan apa yang Anda lamar di CPNS 2019 nanti. Apakah masuk dalam JFT atau JP

2. Menentukan jenis jabatan yang dilamar Jabatan Fungsional Tertentu - JFT atau bukan

Anda harus mencari tahu jenis jabatan yang Anda lamar, apakah termasuk JFT atau bukan. Yang termasuk dalam jenis JFT antara lain profesi seperti guru, dokter, apoteker dan lain sebagainya.

Apabila Anda masih bingung dalam menentukannya, Anda bisa memcari tahu lewat peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

3. Pahami jenis tugas pada jabatan yang dilamar yang termasuk JP

Peserta CPNS yang melamar jenis JP harus mempelajari jenis tugas apa yang ada pada jabatan JP tersebut.

Beberapa profesi yang termasuk dalam Jabatan Pelaksana (JP) di antaranya Analis Kerja Sama, Analis Akuntabilitas Kinerja, dan lainnya.

Peserta bisa mencari tahu peraturan Kemenpan RB nomor 25 tahun 2016 tentang Nomenklatur JP. Di dalamnya terdapat deskripsi tugas dari JP sehingga ketika mempelajarinya bisa mengetahui gambaran tentang jenis soal yang akan keluar pada tahap SKB.

BKN juga menyebutkan bahwa materi SKB tidak jauh dari situ.

Sambil menunggu tahap SKD selesai, alangkah baiknya Anda untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes SKB CPNS 2020.

Agar nantinya Anda dapat menjawab semua bentuk soal yang akan diujikan nanti dengan lancar dan lulus sebagai CPNS 2020.

Tips Super Lulus Tes SKB CPNS 2020


Tahapan akhir seleksi CPNS adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Fase tes SKB CPNS ini diadakan setelah penilaian dan pengumuman peserta yang lulus passing grade tes SKD CPNS.

Berbeda dengan tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), setiap CPNS tidak akan mendapat soal ujian yang sama. Soal ujian yang didapatkan menyesuaikan formasi atau jabatan yang dilamar.

Berikut ini adalah yang harus Anda ketahui sebelum menghadapi ujian tes SKB CPNS.

1. Kenali Jenis-jenis Soal Ujian dalam SKB

Secara garis besar ada delapan jenis dalam SKB, yaitu computer assisted test (CAT), tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik atau kesamaptaan, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/ atau wawancara.

Setiap formasi akan dihadapkan dengan jenis soal ujian yang berbeda-beda.

Umumnya, pelamar akan dihadapkan dengan ujian CAT dengan soal-soal seputar bidang yang dilamar.

Namun, beberapa formasi tidak menghadapi ujian CAT.

Misalnya formasi penjaga tahanan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang harus melewati ujian fisik atau kesamaptaan.

Atau, untuk formasi di Basarnas yang mewajibkan tes keahlian berenang.

2. Pahami Formasi Jabatan yang Dilamar

Dengan mengetahui jabatan yang Anda lamar, Anda bisa dengan mudah memahami dan mendapat kisi-kisi soal yang akan Anda hadapi dalam CAT nantinya.

Formasi atau jabatan CPNS terbagi menjadi dua, yakni Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP). Pelamar harus mengetahui apakah formasi yang ia lamar termasuk dalam kategori JFT atau JP.

Formasi yang termasuk JP di antaranya petugas teknologi informatika, pranata pemadam kebakaran, serta analis humas dan protokol.

Sementara yang termasuk JFT ialah teknisi penerbangan, dokter, dan guru.

Pelamar bisa mengakses situs Kemenpan RB jika formasi yang dilamar termasuk JFT.

Dalam situs itu terdapat permenpan rb terkait formasi. Materi SKB akan berkutat pada peraturan tersebut.

3. Ketahui Jadwal dan Datang Tepat Waktu

Anda harus datang setidaknya satu jam sebelum ujian SKB dimulai.

Datang tepat waktu diperlukan karena sebelum ujian berlangsung, biasanya Anda harus melalui beberapa tahap administrasi lainnya.

Ada proses absensi, penyimpanan barang bawaan, dan pengecekan identitas, dll.

Selain itu datang tepat waktu juga diperlukan untuk membangun kesiapan mental Anda dalam menghadapi ujian SKB CPNS 2019.