Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting


Soal SKB CPNS 2020 Tenaga Pendidik Guru Bahasa Indonesia & Pembahasanya

soal skb cpns guru bahasa indonesia

Lamopi.Com - Contoh Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Tenaga Kependidikan Guru Bahasa Indonesia Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020.
Melansir Siaran Pers Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor 0392/RILIS/BKN/XII/2019, Jumat (31/1/2020), menyebutkan bahwa Pengumuman Hasil SKD CPNS 2019 mulai 22-23 Maret 2020.

BKN menjadwalkan Tes SKB intansi pusat dan daerah dimulai 25 Maret sampai 10 April 2020.
Berdasarkan penetapan PermenpanRB No 23 Th 2019 & SE Menteri PANRB No. B/III/M.SM.01.00/2020, berikut ketentuan peserta lulus tes SKB CPNS 2020 :

1. Kepala BKN sebagai ketua tim pelaksana Panitia Seleksi (Panselnas) menyampaikan hasil SKD seluruh peserta seleksi ke Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing instansi

2. Instansi dan BKN memastikan hasil SKD akan diumumkan seperti ketika peserta melihat tes hasil SKD pada layar komputer

3. Instansi mengirim data melalui keuputusan Ketua Pansel instansi. Setelah data dikirim kemudian diumumkan kelulusan SKD

4. Pengumuman berisi peserta SKB dengan jumlah paling banyak 3 kali jumlah kebutuhan formasi jabatan.
Hal ini berdasarkan peringkat nilai SKD termasuk nilai peserta P1/TL yang diberi peluang memakai nilai terbaik.

5. Apabila nilai SKB di atas passing grade sama, maka nilai SKB ditentukan berurutan berdasarkan masing-masing nilai tes Karakteristik Pribadi (TKP), tes Intelegensi Umum (TIU) dan tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Bagi Anda yang dinyatakan LULUS Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), maka sudah seharusnya dari sekarang untuk mulai mempersiapkan diri menghadapi tes selanjutnya yaitu Seleksi kompetensi Bidang (SKB)

Berbeda dengan SKD, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) lebih spesifik sesuai dengan formasi dan instansi masing-masing yang dilamar peserta tes CPNS.

Untuk tenaga kependidikan, pada tes SKB ini tetap memperhatikan  Standar Kompetensi Guru.

Standar Kompetensi Guru

Dalam UU No. 14 Tahun 2005 pasal 10 ayat 1 tentang guru dan dosen menyatakan bahwa:  Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Adapun keempat standar kompetensi tersebut wajib dimiliki oleh seorang guru. Berikut penjelasan keempat kompetensi tersebut:

1. Kompetensi Pedagogik

Merupakan kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Adapun kompetensi pedagogik meliputi: Mengenal anak didiknya, menguasai teori-teori tentang pendidikan, bahan pelajaran, macam-macam teknik dan metode pembelajaran, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.

2. Kompetensi Kepribadian

Ialah kemampuan individu atau personal yang mencerminkan kepribadian yang stabil, bijaksana, dewasa, berwibawa, dan dapat menjadi teladan bagi peserta didiknya serta memiliki akhlak yang mulia. Kompetensi kepribadian ini berkemampuan dalam mengaktualisasikan diri sebagai pendidik yang disiplin, jujur, berwawasan luas, bertanggung jawab dan dapat menjadi sumber inspirasi posirif bagi para peserta didiknya.

3. Kompetensi Sosial

Ialah kemampuan guru dalam melakukan komunikasi baik lisan, tulisan maupun perbuatan kepada peserta didik, tenaga-tenaga kependidikan, wali murid, maupun masyarakat sekitar dengan cara yang efektif, ramah atau santun dan sesuai dengan adat dan norma yang berlaku. Selain itu, dalam kompetensi sosial ini, guru mampu bekerjasama dan beradaptasi dengan keanekaragaman suku dan budaya di tempat melaksanakannya tugas.

4. Kompetensi Profesional

Merupakan kemampuan dalam penguasaan materi pembalajaran secara mendalam dan luas. Tidak hanya penguasaan materi pelajaran saja, namun juga penguasaan terhadap materi-materi kurikulum yang berlaku, konsep dan struktur keilmuan, masalah-masalah pendidikan dan wawasan yang memadai terhadap materi-materi yang bersangkutan.

Bagi Anda yang akan menghadapi tes SKB Tenaga kependidikan khususnya yang ikut SKB Guru Bahasa Indonesia.

Berikut kami rangkum beberapa contoh latihan soal SKB Guru Bahasa Indonesia untuk dipelajari:


Soal SKB Guru Bahasa Indonesia Nomor 1-5 PADANAN KATA

1. MENDIRUS
A. Mendirikan
B. Menyaring
C. Memilih
D. Menyirami
E. Menanam

2. EPISTAKSI
A. Musibah
B. Mules
C. Mimisan
D. Muntah
E. Mutaber

3. MENYURAI
A. Menyisir
B. Menyapu
C. Menekankan
D. Membubarkan
E. Menyurati

4. ARKAIS
A. Dinamis
B. Lazim
C. Kuno
D. Baru
E. Statis

5. MENCUNGAP
A. Menguap
B. Tertutup
C. Mengantuk
D. Mencuplik
E. Tengaga

Soal SKB Guru Bahasa Indonesia Nomor 6-10 ANTONIM

6. GAMANG
A. Takut
B. Khawatir
C. Gayat
D. Berani
E. Tepat

7. TERUK
A. Buruk
B. Cantik
C. Berat
D. Ringan
E. Parah

8. PASIK
A. Baik
B. Buruk
C. Benar
D. Salah
E. Jahat

9. FILANTROPI
A. Ringan tangan
B. Kikir
C. Cekatan
D. Kekuatan
E. Pengampunan

10. BEBAL
A. Pandir
B. Tolo
C. Bodoh
D. Brilliant
E. Idiot

Soal SKB Guru Bahasa Indonesia Nomor 11-16 SINONIM

11. PERESTROIKA
A. Penataan kembali
B. Pelabelan produk
C. Aturan main
D. Sentuhan tradisional
E. Imbang kata

12. INTERINSULER
A. Antarnegara
B. Antarpulau
C. Antarkota
D. Antarbangsa
E. Antarsuku

13. KOMPILASI
A. Penghitungan dengan komputer
B. Kumpulan tulisan yang teratur
C. Ikhtisar karangan ilmiah lengkap
D. Kumpulan Informasi yang rumit
E. Perbuatan tidak logis secara sadar

14. MADAR
A. Tidak berperasaan
B. Nasehat dari ulama
C. Sejenis pantun
D. Tembok diatas menara-menara
E. Kata puji pujian

15. GANDUH
A. Bertukaran barang
B. Bunga majemuk
C. Gadai barang
D. Tukar tambah
E. Jual beli

16. IMPERATIF
A. Bersifat memerintah
B. Bertindak menjajah
C. Berlaku seperti dinasti
D. Berlaku seperti kerajaan besar
E. Bertindak memecah belah

Soal SKB Guru Bahasa Indonesia Nomor 17-24 ANALOGI

17. Loteng : Tangga = ... : ...
A. Kereta : Rel
B. Pohon : Akar
C. Kepala : Kaki
D. Kamar : Pintu
E. Sungai : Jembatan

18. ... : Gigi  = Iga : ...
A. Geraham : Tulang
B. Gusi : Tengkorak
C. Kram : Keseleo
D. Urat : Tulang
E. Liur : Darah

19. Insting : Naluri = ... : ...
A. Relarive : Hamper
B. Inspirasi : Ilham
C. Instruksi : Instruktur
D. Remang : Gelap
E. Intervensi : Sanggahan

20. Kunyit : Kuning = Kesumba : ...
A. Htam
B. Hijau
C. Merah
D. Biru
E. Jingga

21. Undang-undang : revisi =  Rumah : ...
A. Regresi
B. Reparasi
C. Restorasi
D. Renovasi
E. Reformasi

22. Sinyal : ... = ... : Kamera
A. Udara : Blitz
B. Frekuensi : Foto
C. Antena : Gambar
D. Gelombang : Cahaya
E. Radio : Pemandangan

23. Api : Lidah = ... : ...
A. Pohon : Rambat
B. Pantai : Bibir
C. Angin : Kulit
D. Roda : jari
E. Air : Mata

24. Cakram : Bundar = ... : ...
A. Koin : Pipih
B. Kertas : Tipis
C. Kartu : Petak
D. Lingkaran : Bulat
E. Tabung : Silinder

Soal SKB Guru Bahasa Indonesia PEMAHAMAN BACAAN

Keliru apabila muncul pandangan bahwa lndonesia kini antiasing. Pesan kepada perbankan nasional agar berupaya keras supaya bank asing tidak mendominasi perbankan di lndonesia, semata demi daya dorong sektor riil perekonomian nasional. Sektor riil penting berkaitan penciptaan lapangan kerja dan pasokan produk domestik. Kehadiran pihak asing terutama investor asing tidak bisa dinisbikan. lnvestor asing termasuk yang datang dengan modal segar ke sektor perbankan, manufaktur, infrastruktur, jelas diperlukan apabila kemampuan itu tidak dimiliki di dalam negeri.

Kondisi ini terutama ketika krisis keuangan melanda lndonesia tahun 1998/ 1999 lalu. Makanya bukan kejutan ketika pihak asing menguasai saham perbankan lndonesia hingga 99 persen. Karena ketika itu perlu daya tarik untuk investor asing masuk dengan dana segar. Tidak perlu asas resiprokal. Tidak perlu negara di mana bank asing tadi berasal harus membuka diri bagi keberadaan bank asal lndonesia.

Tetapi ini kondisi pada lebih satu dekade lalu, kini kondisinya sudah berubah. Pasar lndonesia sudah berkembang pesat. Kemampuan ekonomi lndonesia diukur dari produk domestic bruto (PDB) sudah mencapai Rp8.242 trilliun (tahun 2012). lndonesia masuk dalam kelompok 20 negara (G20) dengan kekuatan ekonomi level global. Kini lndonesia menjadi daya tarik dengan kemampuan daya beliyang tinggi. Dengan penduduk hingga 240 jutajiwa dimana sekitar puluhan juta merupakan kelas menengah dengan kemampuan belanja yang jauh di atas rata-rata, maka semua invetor asing berdatangan sebuah berita bagus, tetapi juga sebuah ketergantungan yang kian tinggi.

Karenanya, bahwa perbankan nasional jangan sampai didominasi asing semata untuk mengurangi ketergantungan yang tinggi ini. Kedaulatan yang besar dalam perbankan nasional guna menjamin jangan sampai suatu ketika negara ini hanya gigit jari, karena fungsi intermediasi perbankan untuk menggerakkan sektor riil dan pembangunan pedesaan tidak jalan karena bank asing lebih memilih mengirim keuntungan ke negeri asalnya. Dukungan perlu diberikan pada Bank lndonesia yang menetapkan asas resiprokal bagi sebuah perbankan asing yang mau membeli sebuah bank di negeri ini. Negara asal bank tadi harus siap menerima perbankan lndonesia di sana. Apalagi, negara tadi selama ini menjadi salah satu negara tujuan wisata atau kegiatan bisnis sejumlah besar warga lndonesia.

Ketentuan lain bahwa bank asing tadi juga harus bersedia membuka sejumlah kantor cabang di sejumlah kota di luar pulau Jawa juga perlu didukung. lni agar bank asing tadi juga ikut menjalankan fungsi intermediasi bagi daearah yang selama ini relatif sepi secara ekonomi. Dengan demikian, ada kesetaraan dalam beban dengan bank nasional.

Sebenarnya, mengurangi ketergantungan pada asing tidak hanya pada perbankan. Manufaktur, perminyakan, dan infrastruktur juga harus didominasi kalangan nasional. Negara yang didominasi asing jelas rentan saat pihak asing tadi dengan alasan apapun tadi pergi. Jadi bukan antiasing.

25. Yang menjadi nilai positif dari adanya investor asing bidang perbankan di Indonesia adalah ...
A. Indonesia masuk dalam kelompok Negara G 20
B. Indonesia menjadi negara yang mempunyai daya tarik
C. Negara Indonesia menjadi negara yang berpenduduk 240 juta jiwa
D. Meningkatkan kelas menengah dengan kemampuan belanja yang meningkat
E. Mengintermediasi bagi daerah yang selama ini relatif sepi secara ekonomi

26.  Tema yang tepat untuk bacaan di atas adalah...
A. lndonesia masuk kelompok G 20.
B. Peranan investor asing di lndonesia.
C. Mengurangi ketergantungan investor asing
D. Peningkatan kekuatan ekonomi di lndonesia.
E. Investor asing untuk menggerakkan perekonomian daerah.

27. Kata yang mempunyai arti hampir sama dengan resiprokal pada paragraph keempat adalah ...
A. Menguntungkan
B. Kebersamaan
C. Timbal balik
D. Kekuatan
E. Manfaat

28. Informasi yang tidak sesuai untuk bacaan di atas adalah ...
A. lnvestor asing mendorong perekonomian sektor riil.
B. Negara yang didominasi investor asing sangat rentan.
C. Pada tahun 1998/ 1999 lndonesia dilanda krisis keuangan.
D. Saat ini investor asing menguasai 99 persen saham perbankan lndonesia.
E. Dengan jumlah penduduk mencapai 240 juta jiwa menjadi daya tarik sejumlah investor.

Silahkan Download File Soal SKB Guru Bahasa Indonesia untuk Anda pelajari lebih lanjut.