Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pendaftaran Beasiswa VDMI 2024/2025 Untuk Mahasiswa D3 D4 S1

Beasiswa VDMS / VDMI 2022/2023

Beasiswa 2024/2025 - Pendaftaran Beasiswa VDMS (Van Deventer-Maas Stichting) atau YVDMI (Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia) kembali dibuka untuk tahun akademik 2024-2025.

Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI)

Van Deventer-Maas Stichting adalah sebuah yayasan pribadi dengan misi mendukung pendidikan masyarakat Indonesia. Yayasan ini didirikan pada tahun 1947, berdasarkan kesepakatan dan keinginan Ibu Elizabeth Maas, istri dari Pak Coen van Deventer.


Pada tahun 1979 Van Deventer-Maas Stichting bergabung dengan Yayasan Tjandi (didirikan tahun 1913) dan Van Deventer Stichting (didirikan tahun 1917), dengan mengadaptasi Yayasan Kartini, yang didirikan pada tahun 1913.

Pada tanggal 12 September 2017, kantor perwakilan VDMS di Indonesia secara resmi menjadi Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia (YVDMI) yang pengeoloaannya dipercayakan sepenuhnya kepada Indonesia.

Beasiswa VDMI 2024

Beasiswa  ini merupakan Beasiswa On Going yang diberikan bagi mahasiswa jenjang D3 dan D4/S1 dalam Negeri di beberapa Universitas yang Partner beasiswa VDMS (cek universitas partner dibawah

Beasiswa VDMI rutin dibuka setiap tahun untuk penerima beasiswa baru, sedangkan mahasiswa sudah lebih dahulu menerima beasiswa ini akan terus diberikan bantuan dana setiap bulan sesuai dengan ketentuan sampai akhir masa studi dengan syarat dapat mempertahankan prestasi akademi (IPK > 3.00)

Durasi Beasiswa VDMI

Beasiswa mulai diberikan sejak tahun kedua sampai akhir masa studi sesuai standar pendidikan (misal S1 = tahun ke 2 – 4), kecuali yang bersangkutan tidak dapat mempertahankan prestasi (IPK < 3.00), cuti, tidak mengkonfirmasi penerimaan dana dan tidak memberikan laporan sama sekali dalam periode tertentu.

Cakupan Beasiswa VDMI

  1. Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) akan dibayarkan langsung ke rekening pribadi penerima beasiswa setiap bulan pada tanggal yang sama (kecuali apabila tanggal tersebut jatuh pada akhir pekan/libur)
  2. • Satu kali Bonus TOEFL (jika ada) sebesar Rp. 400.000 (empat ratus ribu rupiah) dan Bonus Lulus Tepat Waktu (S1 sebesar Rp. 700.000,- dan D3 sebesar Rp. 700.000,-)
  3. • Mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building) melalui proses seleksi – yang semua biaya pelatihan ditanggung oleh Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia
Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa CIMB NIAGA 2024 Kejar Mimpi Mahasiswa S1 Dalam Negeri

Persyaratan Beasiswa VDMI 2024

  1. Mahasiswa S1dan D4 tahun ke 1 - 3 dan mahasiswa D3 tahun ke 1 - 2
  2. Usia maksimal 27 tahun
  3. Berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu (dibuktikan dengan SKTM dan atau Surat rekomendasi dari pihak kampus yang menyatakan kondisi keuangan/kemampuan ekonomi mahasiswa yang bersangkutan)
  4. IPK ≥ 3.00
  5. Jurusan: Pertanian, Perikanan, Peternakan, Arsitektur, Seni dan Budaya, Biologi, Kimia, Matematika, Fisika, Komunikasi, Ekonomi, Pendidikan, Teknik, Bahasa, Manajemen, Kehutanan, Geografi, Kesehatan/Kedokteran, Sejarah, Informatika, Statistik, dll (kecuali Hukum, Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Administrasi Negara, Agama, dan Teologi)
  6. Aktif berorganisasi atau di komunitas diutamakan
  7. Fasih berbahasa Inggris diutamakan
  8. Tidak sedang menerima beasiswa lain
Baca Juga: Beasiswa Full S2 Ajinomoto Scholarship Ke Jepang 2024

Berkas Persyaratan VDMI 2024

  1. List of required document (download)
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang disahkan oleh Kelurahan/berwajib yang dibuat dan ditanda-tangani di atas meterai Rp. 10.000,- atau Surat rekomendasi dari pihak sekolah atau kampus (yang ditanda-tangani oleh Rektor/Dekan/Kaprodi) yang menyatakan kondisi ekonomi keluarga.
  3. Transkrip akademik atau IPK terbaru (miniminal dengan nilai 3.00) 
  4. Slip gaji resmi Orang tua atau wali, baik dari institusi pemerintah atau swasta. Apabila kedua orang tua bekerja, maka wajib melampirkan slip gaji keduanya, maksimal 2 (dua) bulan terakhir. 
  5. Surat keterangan pekerjaan dan penghasilan orang tua/wali (bila wiraswasta), yang disahkan oleh Kelurahan/berwajib atau Surat pernyataan pekerjaan dan penghasilan yang dibuat dan ditanda-tangani di atas meterai Rp. 10.000,-.
  6. Fotokopi KTP, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Keluarga (KK) 
  7. Fotocopi Tagihan listrik atau telepon (maksimal 2 bulan terakhir), apabila tidak ada maka silahkan menmbuat/mengajukan surat keterangan berisi informasi besar daya dan biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan listrik kemudian diberi tanda tangan dan disahkan di kelurahan/berwajib
  8. Essay mengenai diri Anda (keluarga, studi dan kegiatan sosial dan prestasi), apa yang Anda ketahui tentang VDMI, mengapa VDMI harus memilih Anda untuk menjadi penerima beasiswa, apa yang Anda harapkan jika terpilih sebagai penerima beasiswa, dan apa yang akan Anda lakukan bagi masyarakat setelah selesai menerima beasiswa dan lulus kuliah. (Minimal 1.5 halaman A4, Huruf: Palatino Linotype, ukuran 11, dan spasi 1). 
  9. Fotokopi halaman depan buku tabungan yang atas nama Anda sendiri dan photo 4x6 (Disiapkan hanya apabila mahasiswa tersebut lolos tahap 3)
Pastikan Anda telah memiliki foto masing-masing dokumen persyaratan sebagai backup sebelum berkas hard dikumpulkan ke pihak universitas

Pihak universitas akan mengirim dokumen ke Kantor Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia di Yogyakarta untuk diseleksi sesuai kriteria di atas. Jika Anda diterima sebagai penerima beasiswa, maka Anda harus menanda-tangani Surat perjanjian beasiswa antara Anda dan Pihak Kampus sesuai persetujuan dan ketentuan dari Van Deventer-Maas Indonesia

Cara Pendaftaran Beasiswa VDMI 2024

Pendaftaran beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia harus dilakukan secara online melalui ers.vdms-scholarship.org

Anda dapat mengunduh form daftar dokumen persyaratan yang diperlukan ketika sudah melengkapi pendaftaran secara online. Jika anda di “invite” ke tahap kedua, maka selanjutnya Anda harus mengumpulkan berkas dokumen persyaratan yang diperlukan kepada Penanggung-jawab (Person in Charge) di kampus Anda.

Deadline Pendaftaran Beasiswa VDMS

Pendaftaran Beasiswa VDMS 2024/2025 mulai dibuka dari tanggal 10 Februari s.d 10 Maret 2024

Daftar Universitas Partner VDMS /  VDMI

  1. Universitas Gadjah Mada - UGM
  2. Universitas Negeri Medan - UNIMED
  3. IPB Uniersity - IPB
  4. Universitas Sumatra Utara - USU
  5. Universitas Padjadjaran - UNPAD
  6. Universitas Negeri Padang - UNP
  7. Universitas Negeri Semarang - UNNES
  8. Universitas Andalas - UNAND
  9. Universitas Airlangga - UNAIR
  10. Universitas Nusa Cendana - UNDANA
  11. Universitas Kristen Satya Wacana - UKSW
  12. Universitas Kristen Artha Wacana - UKAW
  13. Universitas Hasanuddin - UNHAS
  14. Universitas Pattimura - UNPATI
  15. Universitas Lambung Mangkurat - UNLAM
  16. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya - UWKS
  17. Universitas Atma Jaya Makassar - UAJM
  18. Universitas Tanjungpura - UNTAN
  19. Universitas Sam Ratulangi - UNSRAT
  20. Institut Teknologi Bandung - ITB
  21. Institut Teknologi Sepuluh November - ITS
  22. Universitas Katolik De La Salle - USALLE
  23. Universitas Katolik Soegijapranata - USOEGI
  24. Universitas Flores - UNFLOR
  25. Universitas Bung Hatta - UBH
  26. Universitas Hang Tuah - UHT
  27. Universitas Katolik Widya Mandira - UNWIRA
  28. STIKOM Uyelindo, Kupang - STIKOM
  29. Universitas Sanatha Dharma - USD
  30. Universitas Kristen Indonesia Maluku - UKIM
  31. Universitas Negeri Gorontalo - UNG
  32. Universitas Kristen Wira Wacana - UNWINA
  33. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta - UII
  34. Universitas Palangka Raya - UPR
  35. Universitas Cokroaminoto Palopo - UNCP

Official Beasiswa VDMI

Jl. Purwanggan No. 9 Kelurahan Purwokinanti, Kecamatan Pakualaman D.I. Yogyakarta 55112
+62274-510406
+62274-556549
email: deventer@cbn.net.id
web: vandeventermaas.or.id

Panduan Pendaftaran Beasiswa VDMS / VDMI

Demikian informasi tentang Beasiswa VDMS / VDMI 2024 - 2025 Untuk Mahasiswa D3, D4/S1. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan informasi beasiswa ini ke teman-teman Anda yang membutuhkan.

Follow akun sosial media kami untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru lainya langsung di sosial medeia Anda. Terima kasih

Facebook        : Beasiswa Pendidikan
Twitter             : Beasiswa Pendidikan
Goggle News  : Beasiswa
Telegram         : Info Beasiswa

Beasiswa VDMS VDMI
X