Pendaftaran Kartu PraKerja Gelombang Kedua Dibuka 20 - 23 April 2020

Lamopi.Com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama sudah selesai. Dari 3,29 juta yang telah melalui tahap verifikasi nomor induk kependudukan (NIK), sebanyak 2,78 juta berhasil lolos untuk melalui proses pengacakan sistem sebagai peserta gelombang pertama Kartu Prakerja sebanyak 200.000 orang.

Daftar Kartu PraKerja Gelombang II

Pendaftaran Kartu PraKerja Gelombang Kedua Dibuka 20 - 23 April 2020
Pemerintah akan mulai membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II mulai Senin, 20 April 2020. Sama seperti gelombang pertama, gelombang kedua ini akan ditutup pada Kamis minggu depan, 23 April 2020 pukul 16.00 WIB.

Selanjutnya, pendaftaran akan dibuka kembali hingga mencapai target yang telah ditentukan. "Selanjutnya sesudah jam 16.00 WIB (ditutup), pendaftaran lanjutan terus terbuka dipersiapkan bacth kedua yang akan kami sampaikan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangannya seperti dikutip Minggu (19/4).

Setiap minggunya, mulai dari 11 April 2020 sampai minggu keempat November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164.000 peserta. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, dalam 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu.

Lebih lanjut, dia menuturkan, sebanyak 1,87 juta orang yang lolos dalam tahap awal di gelombang pertama masih memiliki kesempatan di gelombang selanjutnya, meski tak lolos saat seleksi 200.000 orang penerima manfaat.

Bahkan pada gelombang kedua, 1,87 juta peserta itu tidak perlu daftar ulang dari awal. Airlangga bilang, mereka akan menerima email berisi situs peladen (link) untuk mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II, begitupun seterusnya.

"Bagi 1.878.026 yang belum ikut batch pertama tidak perlu daftar ulang. Nanti akan (kami) beri email untuk link di komputer atau smartphone, untuk klik ke batch II dan seterusnya sehingga tidak perlu ulang seluruh proses di awal," kata Airlangga.

Sementara bagi 200.000 orang terpilih, peserta bisa langsung mengikuti pelatihan online yang disediakan. Dengan mengikuti pelatihan, peserta akan mendapat sertifikasi elektronik.

Kartu Prakerja 2020 terbuka untuk mereka yang sudah bekerja dan berwirausaha. Daftar Kartu Prakerja tak hanya dikhususkan untuk yang berstatus pengangguran ataupun korban PHK. Cara daftar Kartu Prakerja dilakukan secara online di Prakerja.go.id.
Baca Juga: Persyaratan dan Panduan Lengkap Cara Pendaftaran Kartu PraKerja

Cara mendapatkan Kartu Prakera

  1. Daftar di Website Kartu Prakerja https://www.prakerja.go.id/ untuk penginputan data dan seleksi online.
  2. Memilih Pelatihan yang Disyaratkan Industri. Memilih pelatihan dari layanan SISNAKER dan bayar menggunakan saldo Kartu Prakerja untuk online maupun offline.
  3. Mengikuti pelatihan secara online maupun offline dan dapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga.
  4. Peserta diminta memberi Ulasan & Rating Terhadap Lembaga Pelatihan. Berikan ulasan dan rating terhadap lembaga pelatihan melalui SISNAKER setelah melakukan proses pelatihan.
  5. Mendapatkan Insentif Setelah Mengikuti Pelatihan. Dapatkan insentif dan akan ditransfer dalam 3 tahap ke saldo wallet Kartu Prakerja kamu.
  6. Mengisi Survei Kebekerjaan sebagai Feedback Efektivitas Program. Survei yang ditanyakan dalam 3 tahap dengan insentif pengisian survei sebesar Rp150.000 sebagai feedback efektivitas program, kesesuaian pelatihan dan penempatan kerja, dll.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Secara Online 

  1. masuk ke website www.prakerja.go.id 
  2. masuk menu daftar sekarang 
  3. pastikan email sudah benar, karena akan ada verifikasi ke email yg anda masukan 
  4. klik di verifikasi email 
  5. isi form pendaftaran, mulai dari nama, nik, alamat, dll 
  6. pada saat upload foto ktp dan foto anda selfie dengan ktp file harus di bawah 2 mb (pake file converter, jika foto anda lebih dr 2 mb), setelah itu 
  7. masukan nmr telp anda lalu masukan kode otp yg di kirim 
  8. ikut test dasar, selanjutnya ikuti saja ya tahapannya 
Previous Post Next Post