Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho MEXT Japanese Studies 2023

Beasiswa Monbukagakusho/MEXT

Beasiswa 2023/2024 - Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT) menawarkan beasiswa bagi mahasiswa S1/D4 jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang untuk belajar selama 1 tahun di universitas di Jepang.

Beasiswa Monbukagakusho/MEXT

Program non-gelar ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mengenai bahasa dan kebudayaan Jepang. Penerima beasiswa akan berkuliah mulai dari September/Oktober 2023 – Agustus/September 2024. Peserta yang telah menyelesaikan program ini akan mendapatkan sertifikat.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa S2 Ajinomoto Jepang 2023

Cakupan Beasiswa Monbukagakusho/MEXT Japanese Studies 2023

  1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya hingga program selesai.
  2. Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/ bulan
  3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang (1 kali).
  4. Bebas biaya pembuatan visa pelajar.
  5. Beberapa universitas menyediakan asrama. Biaya dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan.
  6. Tanpa ikatan dinas.

Persyaratan Beasiswa Monbukagakuso/MEXT

  1. Mahasiswa aktif minimal semester 3 jenjang S1/ D4 jurusan sastra/ pendidikan/ budaya/ bahasa Jepang.
  2. Sehat jasmani dan rohani (kondisi kesehatan fisik dan mental yang tidak akan mengganggu jalannya perkuliahan selama di Jepang).
  3. Menguasai bahasa Jepang
  4. Usia maksimal 29 tahun pada tanggal 1 April 2023 (lahir antara 2 April 1993 sampai 1 April 2005).
  5. Direkomendasikan oleh institusi tempat berkuliah saat ini, berdasarkan seleksi internal di institusi masing-masing.
  6. Belum akan mengikuti sidang skripsi selama proses seleksi berlangsung maupun saat sudah ditetapkan sebagai penerima beasiswa.
  7. Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan kuliah setelah program beasiswa ini berakhir.
  8. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan baca pada tautan berikut (klik di sini –pdf)

Dokumen / Berkas Administrasi

  • 1 lembar Surat Pengantar dari Ketua Jurusan berisi daftar mahasiswa yang direkomendasikan oleh Ketua Jurusan. Surat dibuat dalam bahasa Jepang atau Inggris.
  • 1 lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online yang berisi nomer ujian pelamar.
  • 1 Rangkap Application Form 2023 yang HARUS diisi dalam bahasa Jepang (DOWNLOAD APPLICATION FORM). Application Form bisa diisi dengan diketik atau tulis tangan menggunakan tinta hitam.
  • 1 lembar pasfoto berwarna dengan latar belakang polos dan warna bebas ukuran 3,5cm x 4,5cm (atau ukuran 3×4 cm). Foto formal, diambil dalam 6 bulan terakhir. Pasfoto harus ditempel pada kotak untuk menempel foto yang tersedia di Application Form. Pasfoto harus asli dicetak di kertas foto. Bukan hasil print/cetak/fotokopi di kertas HVS atau sejenisnya.
  • 1 lembar Placement Preference Application Form 2023 (DOWNLOAD) yang diisi dalam bahasa Inggris atau Jepang. Formulir bisa diisi dengan diketik atau tulis tangan menggunakan tinta hitam. Pilih maksimal 3 universitas yang terdapat dalam Course Guide of Japanese Studies Program 2023.
  • 1 rangkap Fotocopy Transkrip Nilai dari semester satu sampai saat ini. Transkrip nilai harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi atau dicap basah asli oleh perguruan tinggi pelamar. Untuk transkrip nilai hasil terjemahan, harap juga dilegalisasi atau dicap basah asli pada hasil terjemahannya oleh perguruan tinggi pelamar. Legalisasi atau cap basah harus asli dan tidak boleh hasil scan. Harap tidak melampirkan transkrip nilai dalam bahasa Indonesia.
  • 1 lembar Surat Keterangan Mahasiswa yang menerangkan bahwa pelamar adalah mahasiswa dari jurusan dan universitas tersebut. Surat harus dilengkapi dengan keterangan tempat dan tanggal lahir mahasiswa, dan dibuat dalam bahasa Jepang atau Inggris. Satu surat untuk satu mahasiswa.
  • 1 rangkap Surat Rekomendasi dari Ketua Jurusan atau Dosen Pembimbing yang ditulis dalam bahasa Jepang atau Inggris. Format bebas atau dapat menggunakan form yang telah tersedia (DOWNLOAD).
  • 1 lembar Fotocopy Sertifikat Nihongo Noryoku Shiken / JLPT (jika ada). 
Catatan:
  1. Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4. Apabila tidak bisa, lipat bagian bawah kertas menjadi seukuran A4 per lembar (bukan melipat satu bundle).
  2. Dokumen jangan di-steples, jangan dijilid, jangan dilubangi, cukup di-klip agar tidak tercecer.
  3. Berkas yang terdapat bekas lubang steples tidak masalah, selama tidak di-steples
  4. Dokumen dibuat menjadi 1 bundel (sesuai detail pada tabel diatas). Mohon disusun sesuai urutan (poin 1 sampai 8).
  5. Dokumen selain dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang tidak akan diterima.
  6. Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan sesuai instruksi. Dokumen yang tidak sesuai instruksi tidak akan diproses.
  7. Bagi pelamar yang terkendala dengan legalisasi transkrip nilai. Mohon untuk menyertakan surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh pihak sekolah terkait tidak bisanya melakukan legalisasi dokumen, sertakan alasannya.

Cara Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho/MEXT Japanese Studies 2021

  1. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar.
  2. Pelamar melakukan registrasi online
    Tautan registrasi online : https://daftar.beasiswamext.com atau KLIK DISINI
    (Mohon untuk membaca dan memahami persyaratan dan FAQ terlebih dahulu sebelum melakukan registrasi online. Kesalahan dalam pengisian registrasi online sepenuhnya tanggung jawab pelamar)
  3. Setelah melakukan registrasi online, Anda akan menerima e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dalam format potrait dan harap menyimpan “Nomor Ujian” yang Anda terima. Apabila dalam 5 menit Anda tidak menerima e-mail konfirmasi, silakan cek kotak spam pada e-mail Anda.
  4. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Daftar dokumen dapat dilihat pada keterangan di bagian DAFTAR DOKUMEN YANG DIPERLUKAN.
  5. Seluruh berkas yang sudah disusun sesuai instruksi dikirim atau diserahkan langsung ke:
    Kedutaan Besar Jepang
    Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
    Jl. M. H. Thamrin 24
    Jakarta 10350
  6. Pengiriman berkas dilakukan secara kolektif dan dengan rekomendasi dari institusi yang bersangkutan, bukan perorangan
    Silakan tulis kode “Japanese Studies 2021” pada kanan atas amplop.
  7. Kedutaan tidak menerima dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.
  8. Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 18 JANUARI 2023.
  9. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima tidak melewati batas waktu yang akan diproses. Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Tahapan Seleksi

Sistem penyeleksian yang digunakan adalah sistem gugur. Tahap penyeleksian beasiswa ini yaitu :
  1. Tahap Primary Screening
    1. Seleksi Dokumen.
      Pengumuman hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di situs Kedutaan Besar Jepang dengan menampilkan Nomor Ujian pelamar pada tanggal 8 Februari 2023. Bagi yang lulus seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tulis.
    2. Ujian Tulis
      Pada tahap ini peserta akan menghadapi ujian bahasa Jepang. Ujian diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. (Kepastian pelaksanaan ujian tulis di tengah situasi pandemi COVID-19, akan diberitahukan kemudian kepada peserta yang lolos. Harap tetap mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan).
    3. Ujian Wawancara
      Bagi yang lulus seleksi ujian tulis akan dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Biaya transportasi dan akomodasi tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang. (Ada kemungkinan wawancara dilakukan secara online. Biaya internet tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang)
  2. Tahap Secondary Screening
    1. Bagi yang lulus primary screening akan Kedutaan Besar Jepang rekomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas peserta akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini.
    2. Peserta yang lulus seleksi akhir (secondary screening) di Monbukagakusho/MEXT akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman hasil seleksi akhir akan diumumkan pada bulan Juli – pertengahan Agustus 2023..

Jadwal Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho/MEXT

  1. Masa Pendaftaran : 26 Desember 2022 – 18 Januari 2023
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen : 8 Februari 2023
  3. Seleksi Ujian Tulis : Pertengahan Februari 2023*
  4. Pengumuman Ujian Tulis : Akhir Februari 2023*
  5. Seleksi Wawancara : Awal Maret 2023*
  6. Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara : Awal Maret 2023*
  7. Secondary screening : Maret 2023*
  8. Pengumuman Hasil Akhir dari MEXT : Antara Juli - Pertengahan Agustus 2023*
  9. Berangkat ke Jepang : September/ Oktober 2023*
*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk Jadwal pasti, silakan refresh laman ini secara berkala. Apabila kondisi penyebaran COVID-19 di Indonesia semakin memburuk, ada kemungkinan proses penyeleksian dibatalkan

Link Beasiswa Monbukagakusho/MEXT

Kedutaan Besar Jepang
(021) 3192-4308
beasiswa@dj.mofa.go.jp
www.id.emb-japan.go.jp/sch_js.html

Demikian Informasi tentang Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho/MEXT Japanese Studies 2023, semoga bermanfaat.
X