Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

iklan head

Seleksi PMB PKN STAN akan gunakan Nilai UTBK

Seleksi PMB PKN STAN akan gunakan Nilai UTBK

Lamopi.Com   Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021, untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. 

Karena itu calon mahasiswa yang berminat menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) diharuskan lolos seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terlebih dahulu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Pendaftaran Akun LTMPT Tahun 2021

Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo mengatakan, lulus dari UTBK merupakan syarat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, salah satunya Sekolah Kedinasan perguruan tinggi STAN. 

PKN STAN

Lebih lanjut Budi Prasetyo mengatakan, menjadi hak masing-masing kampus negeri, swasta, atau sekolah kedinasan untuk menggunakan nilai UTBK. Tapi yang sudah kerja sama dengan LTMPT adalah STAN. 

"Syarat-syarat di STAN gimana? Itu belum dari LTMPT. Jadi silakan informasi lebih lanjut di STAN. Hanya dia menggunakan nilai UTBK untuk proses seleksi,"  jelas Budi dalam sosialisasi SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN di YouTube LTMPT, beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa IDEAS 2021 untuk SLTA dan Mahasiswa

"STAN mensyaratkan memiliki nilai UTBK yang kelompok Soshum. Jadi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum," lanjutnya. 

Budi menambahkan, meski STAN menggunakan hasil UTBK, namun skema detailnya masih bakal disusun nanti.

UTBK 2021

Pelaksanaan UTBK 2021 akan dilakukan secara dua gelombang. Gelombang yang pertama, akan dilakukan di tanggal 12-18 April 2021.

Baca Juga: Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran SNMPTN, UTBK SBMPTN 2021

Sedangkan gelombang kedua, akan dilakukan di tanggal 26 April sampai 2 Mei 2021.

"Jadi ada dua gelombang tes UTBK untuk SBMPTN 2021. Setiap harinya akan dilakukan dua sesi, yakni pagi dan siang," kata Budi

Ia mengatakan, bagi kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) atau kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum), maka tiap peserta akan dikenakan biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN 2021 sebesar Rp 200 ribu.

Sedangkan bagi kelompok ujian campuran yakni Saintek dan Soshum, maka tiap peserta akan dikenakan biaya UTBK sebagai syarat SBMPTN 2021 sebesar Rp 300 ribu.

INFORMASI TERBARU