Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pendaftaran Beasiswa D3 AKMET Kemendag RI 2021/2022 Untuk Lulusan SMA/Sederajat

Pendaftaran Beasiswa AKMET

Lamopi.com - Akademi Metrologi dan Instrumentasi (AKMET) kembali membuka pendaftaran penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2021. AKMET merupakan Perguruan Tinggi di bawah naungan Kementerian Perdagangan dan memberikan Beasiswa Penuh bagi pelamar yang lulus seleksi PMB.

Beasiswa D3 AKMET 2021

Beasiswa AKMET ditujukan bagi Calon Mahasiswa berasal dari UMUM berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) dengan jurusan IPA atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan keahlian terkait bidang Ilmu Fisika (seperti Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Sipil, Instrumentasi, dan lain-lain yang terkait bidang Ilmu Fisika). 

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Djarum 2021/2022 Untuk Mahasiswa D4 / S1

Cakupan Beasiswa AKMET

  1. Mahasiswa dibebaskan dari uang pendaftaran, uang pangkal dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).
  2. Berkesempatan bekerja diberbagai institusi pemerintah dan industri.

Durasi Beasiswa AKMET

Guna menunjang seluruh tujuan tersebut, program ini memberikan beasiswa biaya pendidikan selama 6 (enam) semester.

Persyaratan Beasiswa AKMET 2021

  1. Lulusan SMA/MA jurusan IPA atau SMK dengan keahlian terkait bidang Ilmu Fisika
  2. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam Akta Kelahiran tidak lebih dari 21 (dua puluh satu) tahun per 31 Desember 2021;
  3. Persyaratan Nilai Rapor untuk mata pelajaran Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 70,00 (tujuh puluh koma nol nol) dengan skala 100 (seratus) dari Semester 1 Kelas X sampai dengan Semester 5 Kelas XII.
  4. Surat keterangan konversi nilai skala 0-100 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (khusus bagi pendaftar yang nilainya menggunakan skala nilai huruf atau nilai skala 0-10). Format surat keterangan konversi nilai dapat diunduh di website http://akmet.kemendag.go.id

Berkas / Dokumen Aplikasi AKMET

Siapkan file scan/digital yang dibutuhkan untuk pendaftaran, dengan format file yang diperbolehkan JPG. File yang dibutuhkan adalah:
  • Pasfoto berwarna 3 (tiga) bulan terakhir, rasio/ukuran 4x6 cm, resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 500 kB;
  • Scan Akta Kelahiran, resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 1 MB;
  • Scan Kartu Keluarga (KK), resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 1 MB.
Pastikan dokumen yang Anda upload bisa terbaca. Pendaftaran dengan dokumen yang tidak terbaca (akibat resize terlalu kecil) dapat mengakibatkan pendaftaran Anda tidak dapat diproses untuk Seleksi Administrasi. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pendaftaran Beasiswa AKMET

Pendaftaran Beasiswa Diploma III (D3) Akademi Metrologi dan Instrumentasi (AKMET) tahun 2021 dilakukan sepenuhnya secara online melalui link akmet.kemendag.go.id

Isilah formulir pendaftaran online sesuai dengan data diri asli dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pengisian formulir dan upload dokumen dapat dilakukan pada waktu yang berbeda. Formulir yang telah diisi dapat disimpan. Jika ingin meng-upload dokumen di lain kesempatan, pendaftar terlebih dahulu harus login dengan email dan password.

Perhatian:
  1. Kesalahan dalam pendaftaran berupa ketidaksesuaian isi formulir dengan dokumen asli akan mengakibatkan aplikasi tidak dapat diproses untuk seleksi administrasi.
  2. Kesalahan dalam meng-upload dokumen atau tidak tercantumnya dokumen adalah bentuk ketidaklengkapan aplikasi sehingga tidak akan diikutsertakan dalam seleksi administrasi.

Jadwal Beasiswa AKMET

  • Pendaftaran : 8 Maret - 18 April 2021
  • Seleksi Administrasi : 19 April 2021
  • Pengumuman Peserta yang lulus seleksi administrasi : 24 April 2021
  • Tes Kemampuan Akademik (TKA): 6 Mei 2021
  • Pengumuman hasil tes TKA : 19 Mei 2021
  • Psikotes : 24 Mei 2021
  • Pengumuman hasil akhir seleksi: 7 Juni 2021

Link Beasiswa AKMET

http://akmet.kemendag.go.id/


Demikian informasi tentang Pendaftaran Beasiswa D3 Akademi Metrologi dan Instumentasi (AKMET) 2021/2022 untuk Lulusan SMA/MA/SMK. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan informsi beasiswa ini ke teman-teman Anda yang membutuhkan.
X