Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

iklan head

Download Kisi-Kisi Soal UP UKMPPG Lengkap Tahun 2021

Kisi-kisi Soal UP UKMPPG

Lamopi.com - Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru atau disingkat UKMPPG merupakan bagian penting dan wajib dari tahapan frases penempatan PPG Dalam Jabatan, UKMPPG terdiri dari Ujian Pengetahuan (UP) dan Ujian KInerja (UKIN).

Sertifikasi Guru

Sertifikasi Guru bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam Jabatan sebagai tenaga profesional pada satuan pendidikan untuk memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Persyaratan Pendaftaran PPG DALJAB / Sertifikasi Guru Tahun 2021/2022

Saat ini guru dikatakan Profesional jika memiliki sertifikat Pendidik. Untuk mendapatkan sertifkat pendidik maka guru harus menempuh Kuliah PPG dalam jabatan selama lebih dari 5 bulan,yang dilaksanakan secara Daring 3 bulan , 1 bulan Loka Karya (Kuliah Dikampus) , 1 bulan PPL di sekolah Mitra Kampus dan yang tidak kalah pentingnya dalam memperoleh sertifikat pendidik yaitu guru Harus LULUS Ujian Kinerja dan Ujian Pengetahuan.

Ujian Kinerja UKMPPG

Ujian Kinerja adalah Ujian yang dilaksanakan disekolah tempat mahasiswa PPL yaitu mengajar dikelas yang dinilai oleh Dosen Penguji dan Salah Satu Guru Mitra Kampus. Pada Umumnya Semua  Mahasiswa PPG akan mudah  lulus Ujian Kinerja, Karena disamping sudah terbiasa mengajar disekolah tempat bertugas,  juga ada PEER Teaching dan Bimbingan dari Dosen dan Guru Pamong Sebelum Ujian, jadi syaratnya mudah agar lulus UKIN yaitu pahami dan lakukan apa yang diajarkan dosen dan Guru Pamong.

Uji Kinerja dilakukan secara daring atau online sesuai dengan ketentuan yang berlaku selama 4 hari efektif. Komponen yang dinilai adalah kemampuan Mahasiswa dalam Merencanakan, Melaksanakan, Mengevaluasi pembelajaran dalam kelas.

Ujian Pengetahuan UKMPPG

Ujian Pengetahuan adalah Ujian yang dilaksanakan setalah UKIN, pada Ujian Pengetahuan ini ada 4 kompetensi yang diujikan. Nah ujian inilah yang butuh konsentrasi karena behadapan dengan Komputer jadi tidak ada istilah negoisasi nilai.

Uji Pengetahuan digunakan untuk menilai kemampuan Mahasiswa yang meliputi :

  1. Kompetensi Kepribadian
  2. Kompetensi Sosial
  3. Kompetensi Pedagogik
  4. Kompetensi Profesional

Tips Lulus Ujian Pengetahuan UKMPPG

  • Belajarlah Sesuai Kisi-kisi
  • Perbanyak Latihan Soal. Perbanyaklah Latihan Soal-soal, soal-soal bisa didapatkan dari angkatan sebelumnya dan bisa didapatkan dari Group  Telegram yang membahas soal-soal UKMPPG. Jangan lupa kuasai dan bahas bersama teman teman soal UP tahap sebelumnya. 
  • Latihan Soal Jauh-Jauh Hari Sebelumnya. Latihan soal lah Jauh-jauh hari sebelumnya agar lancar,misalkan pada saat daring sudah mulai belajar soal-soal UP.
  • Betanyalah Jika Tidak Paham. Tidak usah malu dan Gengsi dalam bertanya,Bertanyalah  kepada teman jika anda  tidak paham dengan soal-soal Ujian Pengetahuan. Bertanya juga bisa dilakukan pada Group UKMPPG yang ada di telegram.
  • Jujur. Jangan Sekali-kali Menyontek atau berbuat Curang ketika Ujian karena ingat ketika anda lulus maka gaji sertifikasi anda itu akan cair terus dan itu akan anda makan.
  • Doa. Mintalah Doa dan Restu  dari Orang Tua dan  Suami dan yang paling Utama Banyak berdoa kepada Allah SWT.
  • Permantab Ibadah. Disamping Shalat 5 Waktu tambah dengan shalat sunnah yang lain misalkan Shalat Tahajjud, Shalat Dhuha ataupun mengaji.
  • Sabar dan Ikhlas. Jika Sudah memaximalkan Usaha dan Memanjatkan Doa maka hasilnya serahkan kepada ALLAH SWT. Dan terimalah hasilnya dengan ikhlas, jika tidak sesuai harapan maka harus sabar ya.

Kisi-Kisi Soal UP UKMPPG

Berikut ini merupakan link download Kisi-Kisi UP UKMPPG Semua Mata Pelajaran Tahun 2021, Silahkan dimanfaatkan sebaik mungkin:
Sumber: ukm.ppg.kemdikbud.go.id

Demikian informasi tentang link Download Kisi-Kisi Soal UP UKMPPG Lengkap Tahun 2021 serta Tips Lulus UP UKMPPG. Semoga bermanfaat.
INFORMASI TERBARU