Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenag 2023 Untuk Kuliah S1 dan S2

Beasiswa 2023/2024 - Kementerian Agama bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2023 untuk program sarjana (S1) dan Magister (S2). Beasiswa lainya cek disini

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenag

Beasiswa PBSB 2023

Program Beasiswa Santri Berprestasi yang selanjutnya disingkat PBSB adalah program kolaborasi Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan berupa pengelolaan dan pendanaan beasiswa gelar yang bersumber dari Dana Abadi Pesantren bagi santri lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang unggul, kompetitif serta memiliki potensi akademik yang baik untuk jenjang pendidikan tinggi.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Tahfidz S1 Dalam Negeri Kemenag 2023/2024 (Beasiswa BIB)

Jenis Beasiswa PBSB Kemenag

Jenis beasiswa yang diberikan:

  1. Beasiswa penuh untuk Program Sarjana (S1) paling lama 48 bulan;
  2. Beasiswa penuh untuk Program Magister (S2) paling lama 24 bulan.

Baca Juga: Beasiswa Paragon Scholarship 2023/2024 Untuk Mahasiswa D3 D4 S1

Sasaran Beasiswa PBSB

Penerima manfaat Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2023 adalah santri yang berasal dari:

  1. Satuan Pendidikan Muadalah (SPM);
  2. Pendidikan Diniyah Formal (PDF);
  3. Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah (PK-PPS);
  4. Madrasah Aliyah Swasta (MAS), Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren;
  5. Ma’had Aly.

Baca Juga: Beasiswa Cendekia Baznas Ma'had Aly 2023 Untuk Mahasiswa

Komponen Beasiswa PBSB 2023

  1. Biaya Pendidikan 
    • Biaya Pendaftaran Biaya Pendaftaran dapat digunakan untuk membiayai proses pendaftaran pada Perguruan Tinggi Mitra. Biaya Pendaftaran hanya diberikan kepada mahasantri baru rekrutmen tahun anggaran 2023 satu kali selama menempuh perkuliahan dengan nominal berbeda-beda sesuai ketetapan Perguruan Tinggi Mitra
    • Biaya Matrikulasi Biaya Matrikulasi dapat digunakan untuk membiayai program pengenalan kampus, pengetahuan dasar program studi, serta pembinaan mahasantri. Biaya Matrikulasi hanya diberikan kepada mahasantri baru rekrutmen tahun anggaran 2023 satu kali selama menempuh perkuliahan dengan nominal berbeda-beda sesuai ketetapan Perguruan Tinggi Mitra.
    • Biaya Pendidikan (UKT/SPP dan Non-UKT) Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) digunakan untuk membiayai biaya perkuliahan. Biaya UKT atau Biaya SPP diberikan kepada mahasantri dengan nominal berbeda-beda sesuai ketetapan Perguruan Tinggi Mitra.

      Biaya Non Uang Kuliah Tunggal (Non UKT) digunakan untuk membiayai pembiayaan di luar atau selain Biaya UKT/SPP yang telah ditentukan oleh Perguruan Tinggi Mitra. Biaya Non-UKT hanya diberikan kepada mahasantri baru rekrutmen tahun anggaran 2023 satu kali selama menempuh perkuliahan dengan nominal berbeda-beda sesuai ketetapan Perguruan Tinggi Mitra. 

  2. Biaya Tunjangan 
    • Biaya Transportasi (Tiket Datang/Pulang) Biaya Transportasi digunakan untuk mengganti biaya transportasi mahasantri dari domisili asal mahasantri ke lokasi perguruan tinggi mitra, serta dari lokasi perguruan tinggi mitra ke domisili asal mahasantri setelah menyelesaikan masa perkuliahan.
    • Biaya Kedatangan (Settlement Allowance) Biaya Kedatangan digunakan untuk menunjang kebutuhan mahasantri pada saat pertama kali kedatangan ke lokasi perguruan tinggi mitra.
    • Biaya Tunjangan Buku Biaya Tunjangan Buku digunakan untuk membantu meringankan kebutuhan pembelian kitab/buku yang digunakan selama perkuliahan.
    • Biaya Hidup Biaya Hidup dapat digunakan untuk membantu meringankan kebutuhan hidup seharihari, termasuk untuk memenuhi kebutuhan studi, pengembangan diri, kegiatan pengembangan organisasi, serta pengabdian kepada masyarakat, dengan nominal berbeda-beda sesuai dengan jenjang dan domisili perguruan tinggi mitra. 
    • Biaya Asuransi Biaya Asuransi dapat digunakan untuk membiayai pengobatan atau biaya rawat medis.
    • Biaya Tunjangan Skripsi/Tesis Biaya Tunjangan Skripsi/Tesis dapat digunakan untuk membantu meringankan kebutuhan kegiatan penelitian, praktek kerja lapangan, penyelesaian tugas akhir (skripsi/tesis), seminar, publikasi dan dukungan lainnya dalam rangka penyelesaian tugas akhir. Biaya Tugas Akhir hanya diberikan kepada mahasantri yang memasuki tahun terakhir perkuliahan dengan nominal berbeda-beda sesuai dengan jenjang.
    • Biaya Darurat Biaya Darurat dapat digunakan untuk membiayai risiko darurat yang dialami mahasantri selama menjalani perkuliahan

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa BCA 2023/2024 Untuk Lulusan SLTA

Jalur Seleksi Beasiswa PBSB

Seleksi penerimaan PBSB terdiri atas 2 (dua) jalur, yaitu:

  1. Jalur LOA (Letter of Acceptance/Admission Unconditional)
    Jalur LOA Unconditional diperkenankan bagi santri pendaftar PBSB yang telah memiliki LOA Unconditional/Surat yang diterbitkan oleh PTM menyatakan dan menerangkan bahwa pendaftar telah diterima tanpa syarat pada PTM sesuai dengan Program Studi PBSB Tahun 2023. Pendaftar jalur LOA hanya mengikuti seleksi administrasi dan seleksi wawancara/tes lisan online saja. Jika pendaftar dinyatakan lulus seleksi, yang bersangkutan dapat memulai mengurus administrasi perkuliahan sesuai ketentuan PTM.
  2. Jalur Reguler
    Jalur Reguler diperkenankan bagi santri pendaftar PBSB yang tidak memiliki LOA Unconditional. Pendaftar jalur regular mengikuti seluruh tahapan seleksi (seleksi administrasi, seleksi berbasis elektronik, dan seleksi wawancara/tes lisan online. Jika pendaftar dinyatakan lulus seleksi, yang bersangkutan dapat memulai mengurus administrasi perkuliahan sesuai ketentuan PTM.

Baca Juga: Beasiswa Cahaya Prestasi 2023 untuk SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa

Persyaratan Umum Beasiswa PBSB

  1. Santri Warga Negara Indonesia.
  2. Santri asal dari Pesantren yang telah terdaftar di Kementerian Agama, dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) dan aktif melakukan pemutakhiran data pada EMIS Ditjen Pendidikan Islam.
  3. Santri asal dari Satuan Pendidikan PDF/SPM/PKPPS/Ma’had Aly dan/atau MAS/MAN/SMA/SMK yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren.
  4. Santri mukim minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut, dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren.
  5. Memiliki akhlaq terpuji dan layak mengikuti seleksi PBSB direkomendasikan oleh Pimpinan Pesantren dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Pesantren Asal Santri.
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Arab.
  7. Memiliki kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning.
  8. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil’alamin. 
  9. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai moderasi beragama, nasionalisme, patriotisme serta integritas.
  10. Memiliki prestasi akademik dan non akademik dengan melampirkan nilai raport 1 (satu) tahun terakhir, piagam atau sertifikat.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa BCA Finance Peduli 2023 Untuk Mahasiswa S1

Dokumen Peryaratan Beasiswa PBSB

Jalur Reguler

  1. Pilihan Program Sarjana (S1):
    • Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;
    • Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    • Jika santri belum memiliki KTP, dapat digantikan dengan Scan Akte Kelahiran;
    • Scan Kartu Keluarga;
    • Scan Asli Raport Halaman Identitas Santri dan Halaman Nilai 1 (satu) Tahun Terakhir;
    • Scan Asli Salinan Ijazah Telah Dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus SPM/PDF/PKPPS/MAS/MAN/SMA/SMK;
    • Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada);
    • Scan Asli Surat Keterangan Mukim ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Komitmen Calon Mahasantri PBSB bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir).
    • Scan Asli Surat Keterangan Santri Mampu Membaca dan Memahami Kitab Fathul Qarib Bagi Pendaftar pada Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Bersedia Mematuhi Peraturan Ma’had Aly Salafiyah Syafi'iyah bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir).
  2. Pilihan Program Magister (S2):
    • Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;
    • Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    • Scan Akte Kelahiran;
    • Scan Kartu Keluarga;
    • Scan Asli Salinan Ijazah S1 dan sederajat telah dilegalisir;
    • Scan Asli Salinan Transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat telah dilegalisir;
    • Proposal rencana penelitian untuk tesis;
    • Scan Asli Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;
    • Daftar publikasi karya ilmiah telah diterbitkan (jika ada);
    • Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada);
    • Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal pendaftar ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Komitmen Calon Mahasantri PBSB bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir).
    • Scan Asli Surat Keterangan Santri Mampu Membaca dan Memahami Kitab Fathul Qarib Bagi Pendaftar pada Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Bersedia Mematuhi Peraturan Ma’had Aly Salafiyah Syafi'iyah bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir).

Jalur LOA (Letter of Acceptance/Admission Unconditional)

  1. Pilihan Program Sarjana (S1):
    • Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;
    • Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    • Jika santri belum memiliki KTP, bisa digantikan dengan Scan Akte Kelahiran;
    • Scan Kartu Keluarga;
    • Scan Asli Raport Halaman Identitas Santri dan Halaman Nilai 1 (satu) Tahun Terakhir;
    • Scan Asli Salinan Ijazah Yang Telah Dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus SPM/PDF/PKPPS/MAS/MAN/SMA/SMK;
    • Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada);
    • Scan Asli LOA Unconditional/Surat yang menyatakan dan menerangkan bahwa pendaftar telah diterima tanpa syarat pada PTM;
    • Scan Asli Surat Keterangan Mukim ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Komitmen Calon Mahasantri PBSB bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir).
    • Scan Asli Surat Keterangan Santri Mampu Membaca dan Memahami Kitab Fathul Qarib Bagi Pendaftar pada Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Bersedia Mematuhi Peraturan Ma’had Aly Salafiyah Syafi'iyah bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir).
  2. Pilihan Program Magister (S2):
    • Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;
    • Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    • Scan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;
    • Scan Kartu Keluarga;
    • Scan Asli Salinan Ijazah S1 dan sederajat telah dilegalisir;
    • Scan Asli Salinan Transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat telah dilegalisir;
    • Proposal rencana penelitian untuk tesis;
    • Scan Asli Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;
    • Daftar publikasi karya ilmiah telah diterbitkan (jika ada);
    • Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada);
    • Scan Asli LOA Unconditional/Surat yang menyatakan dan menerangkan bahwa pendaftar telah diterima tanpa syarat pada PTM;
    • Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Komitmen Calon Mahasantri PBSB bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir).
    • Scan Asli Surat Keterangan Santri Mampu Membaca dan Memahami Kitab Fathul Qarib Bagi Pendaftar pada Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah (format terlampir);
    • Scan Asli Surat Pernyataan Bersedia Mematuhi Peraturan Ma’had Aly Salafiyah Syafi'iyah bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir).

Cara Daftar Beasiswa PBSB 2023

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2023, silahkan melakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk dibawah ini:

  1. Terlebih dahulu, Pesantren dan santri membaca dan memahami Booklet PBSB tentang Daftar Perguruan Tinggi Mitra, Program Studi, Domisili Kampus, persyaratan, jadwal pelaksanaan, petunjuk tata cara pendaftaran dan ketentuan lainnya dari PBSB Tahun 2023.
  2. Terlebih dahulu, Pesantren dan santri memahami konsekuensi dan sanksi jika di kemudian hari santri mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi. 
  3. Pendaftaran PBSB Tahun 2023 dilakukan secara online melalui laman: https://beasiswa.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/
  4. Terlebih dahulu Pesantren mendaftar pada link pendaftaran online PBSB, dengan memastikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) yang dicantumkan telah terdaftar pada Kementerian Agama dan aktif melakukan pemutakhiran data pada EMIS Ditjen Pendidikan Islam. 
  5. Pesantren mendaftarkan santri yang akan mendaftar PBSB program Sarjana (S1) dengan memilih nama-nama santri pada satuan pendidikannya sesuai dengan pendataan pada EMIS selama ini. 
  6. Pesantren mendaftarkan santri yang akan mendaftar PBSB program Magister (S2) dengan menginput nama calon pendaftar. 
  7. Santri yang telah didaftarkan akan memiliki AKUN SANTRI. Pesantren menyampaikan informasi AKUN SANTRI kepada Santri bersangkutan untuk melengkapi isian formulir dan unggahan dokumen persyaratan. 
  8. Santri Login aplikasi menggunakan Username dan Password yang telah diberikan untuk melengkapi form isian dan unggahan dokumen sesuai ketentuan di dalam aplikasi pendaftaran PBSB online.
  9. Jika santri telah melengkapi seluruh formulir pendaftaran, maka santri dapat mengunduh Kartu Formulir Registrasi
  10. Santri harus mengetahui dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan dalam proses pengisian data dan dokumen yang diisi dan diunggah/diupload melalui AKUN SANTRI. 
  11. Santri aktif memantau informasi PBSB melalui media informasi resmi Kementerian Agama dan melalui AKUN SANTRI.

Jadwal Beasiswa PBSB

  • Periode Pendaftaran PBSB Online : 3 - 13 Juli 2023
  • Seleksi Tahap 1 - Seleksi Administrasi : 3 - 15 Juli 2023
  • Pegumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi Tahap 2 - Tes Berbasis Elektronik : 17 Juli 2023
  • Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Tes Berbasis Elektronik : 18 Juli 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 - Tes Berbasis Elektronik : 20 Juli 2023
  • Pengumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi PBSB Tahap 3 - Tes Wawancara/Tes Lisan Online : 24 Juli 2023
  • Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Seleksi PBSB Tahap 3 - Tes Wawancara/Tes Lisan Online : 26 Juli 2023
  • Periode Pelaksanaan Seleksi Tahap 3 - Tes Wawancara/Tes Lisan Online : 28 - 31 Juli 2023 (Menyesuaikan Jumlah Peserta)
  • Pengumuman Kelulusan PBSB 2023 : 7 Agustus 2023
  • Pendaftaran Ulang Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB : Sesuai kalender akademik PTM masingmasing
  • Masa Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB : Sesuai kalender akademik PTM masing-masing
  • Pencairan dan Penyaluran Dana PBSB : September - Oktober 2023

Perguruan Tinggi Mitra Beasiswa PBSB

  1. UIN SYARIF HIDAYATULLAH
  2. UIN SUNAN GUNUNG DJATI
  3. UIN WALISONGO
  4. UIN SUNAN KALIJAGA
  5. UIN MAULANA MALIK IBRAHIM
  6. UIN SUNAN AMPEL
  7. UIN ALAUDDIN
  8. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  9. UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA INDONESIA 
  10. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  11. UNIVERSITAS WAHID HASYIM
  12. UNIVERSITAS ISLAM MALANG
  13. UNIVERSITAS AIRLANGGA
  14. UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
  15. UNIVERSITAS SAINS ALQUR'AN
  16. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
  17. INSTITUT ILMU AL QURAN
  18. MA'HAD ALY AS'ADIYAH
  19. MA'HAD ALY HASYIM ASY'ARI
  20. MA'HAD ALY KEBON JAMBU
  21. MA'HAD ALY SALAFIYAH SYAFI'IYAH
  22. MA'HAD ALY MASLAKUL HUDA
  23. MA'HAD ALY SA'IDUSSHIDDIQIYAH

Tahapan Seleksi Beasiswa PBSB

Berikut tahapan seleksi PBSB tahun 2023 :

  1. Seleksi Tahap 1 – Seleksi Administrasi (Semua Peserta)
    Seleksi administrasi terhadap seluruh formulir dan dokumen pendaftar 
  2. Seleksi Tahap 2 – Tes Berbasis Elektronik (Semua Peserta Jalur Reguler)
    Tes Berbasis Elektronik dilakukan secara online menggunakan perangkat yang dimiliki oleh santri peserta tes yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan layak mengikuti Tes Berbasis Elektronik.

    Tes Berbasis Elektronik dapat dilakukan dengan menggunakan Komputer/Laptop atau menggunakan Gawai/Telepon Genggam berbasis Android/iOS. Untuk dapat mengikuti tes, santri peserta tes harus melakukan tahapan berikut: 
    • Mempersiapkan perangkat berupa komputer/laptop atau gawai/telepon genggam berbasis android/iOS; 
    • Mengunduh/mendownload aplikasi, sesuai petunjuk dan tata cara Tes Berbasis Elektronik yang tertera pada Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 2; 
    • Mengikuti langkah-langkah tes sesuai petunjuk pada Aplikasi Tes Berbasis Elektronik.
  3. Seleksi Tahap 3 – Tes Wawancara/Lisan Online (Semua Peserta)
    Tes Wawancara/Lisan dilakukan secara online (dalam jaringan) menggunakan perangkat yang dimiliki oleh santri peserta tes yang dinyatakan lulus seleksi Tes Berbasis Elektronik dan layak mengikuti Tes Wawancara/Lisan Online Tes Wawancara/Lisan Online dapat dilakukan dengan menggunakan Komputer/Laptop atau menggunakan Gawai/Telepon Genggam berbasis Android/iOS.

    Untuk dapat mengikuti tes, santri peserta tes harus melakukan tahapan berikut:
    • Mempersiapkan perangkat berupa komputer/laptop atau gawai/telepon genggam berbasis android/IOS;
    • Mengunduh/mendownload aplikasi Zoom Cloud Meetings, sesuai petunjuk dan tata cara Tes Lisan Online pada Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 3;
    • Mengikuti langkah-langkah tes sesuai petunjuk pada Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 3.

Link Official Beasiswa PBSB

Web: https://beasiswa.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb
Booklet dan Lampiran: Beasiswa PBSB
Panduan Beasiswa PBSB

Demikian informasi tentang Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenag 2023 Untuk Kuliah S1 dan S2 yang bisa admin Lamopi bagikan, semoga bermanfaat.

Follow akun sosial media kami untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru lainya langsung di sosial medeia Anda. Terima kasih

Facebook        : Beasiswa Pendidikan
WhatsApp       Info Beasiswa
Twitter             : Beasiswa Pendidikan
Goggle News  : Beasiswa
Telegram         : Info Beasiswa

X