Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting


Persyaratan Pendaftaran SPMB Politeknik Statistika STIS Sekolah Kedinasan 2020/2021

SPMB Politeknik Statistika STIS

Lamopi.Com - Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Statistika STIS untuk tahun 2020 dibuka Bulan Juni.


SPMB Politeknik Statistika STIS

Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Politeknik Statistika STIS untuk ini akan bersamaan dengan Penerimaan Taruna Baru untuk Sekolah Kedinasan lainya melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara SSCASN BKN di laman https://sscasn.bkn.go.id atau https://dikdin.bkn.go.id
Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/317/M.SM.01.00/2020 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/Siswi STIS Tahun Anggaran 2020, Politeknik Statistika STIS - Badan Pusat Statistik akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:
  1. Program Studi Statistika Program Diploma III — 150 mahasiswa
  2. Program Studi Statistika Program Diploma IV — 300 mahasiswa
  3. Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV — 150 mahasiswa

Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh wilayah Indonesia.

Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku).

Sistem dan Tahapan Seleksi STIS

Bagi kamu yang belum tahu, seleksi penerimaan mahasiswa baru dari STIS 2020/2021 dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan oleh calon mahasiswa yakni sebagai berikut:
  • Tahap I : SKD, Di tahap ini para calon mahasiswa akan berkompetisi melaksanakan SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh pihak BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS. Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya tes SKD meliputi TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Inteligensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).
  • Tahap II: Tes Akademik, Di tahap ini kamu akan menghadapi ujian tes akademik (Matematika) dengan menggunakan sistem Ujian Berbasis Komputer.
  • Tahap III: Tes Kesehatan dan Kebugaran, Para peserta akan dilakukan tes kesehatan atau disebut dengan medical check-up.Kamu akan menjalani berbagai tes seperti tes narkoba, tes buta warna, tes darah, cek tinggi dan berat badan, tes rongten, tes EKG dan masih banyak lagi. Tes ini dilakukan di rumah sakit yang telah ditunjuk oleh pihak STIS dan besaran biaya berbeda-beda untuk setiap rumah sakit.

Persyaratan Ikatan Dinas STIS

Ada banyak sekali persyaratan yang perlu kamu ketahu dalam proses seleksi dari penerimaan mahasiswa baru Politeknik Statistika STIS. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

A. Persyaratan Umum

  1. Sehat jasmani dan rohani (dalam artian dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (baik total maupun parsial), dan bebas narkoba.
  2. Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau
  3. Calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS kelas XII;
  4. Nilai matematika dan Bahasa Inggris minimal 70,00 (dengan skala 1-100) atau 2,80 (skala 1-4,00) pada rapot kelas XII semester I;
  5. Umur minimal 16 tahun dan umur maksimal 22 tahun, per 1 September
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan menjadi PNS;
  7. Tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan instansi lain;
  8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
  9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  10. Sesudah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS) / Lembaga / Kementerian / Instansi lainnya sesuai penempatan di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;

B. Persyaratan Khusus untuk Program Diploma III

Asal SMA/MA peserta dari Provinsi di seluruh Indonesia kecuali provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang telah dibuktikan dengan salinan ijazah/rapor SMA/MA.

Prosedur Pendaftaran Politeknik Statistika STIS

Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan oleh calon peserta, yakni pendaftaran dilakukan secara online melaui internet dan dapat dilakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:
  • Pendaftar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id lalu membuat akun dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor dari Kartu Keluarga (KK).
  • Pendaftar melakukan login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan kata sandi (password) yang telah didaftarkan.
  • Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan yakni Politeknik Statistika STIS dan melengkapi biodata diri.
  • Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak bukti pendaftaran.
  • Pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS di halaman https://spmb.stis.ac.id dan login menggunakan NIK dan kata sandi (password) sesuai dengan portal SSCASN.
  • Sesudah login, pendaftar akan mendapatkan Kode Pembayaran dan diminta untuk memverifikasi email.
  • Pendaftar membayar biaya seleksii dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
  • Sesudah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTUPM).
  • Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTUPM tersebut.
  • Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

Jadwal Seleksi Politeksik Statistika STIS

Jadwal lengkap Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS 2020/2021 bisa Anda lihat selengkapnya di SINI 

Biaya Seleksi Pendaftaran Politeknik Statistika STIS

Nah, ketika kamu melakukan pendaftaran ke kampus ini, calon peserta akan dikenakan biaya seleksi sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).

Besaran biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berdasarkan PP nomor 63 Tahun 2016 tentang Jeis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

Perlu diperhatikan, biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Portal Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana

  1. Segala informasi mengenai PMB Politeknik Statistika STIS bisa diakses melalui portal SPMB Politeknik STIS yakni https://spmb.stis.ac.id ;
  2. Atau melalui media sosial:
    • Twitter              : @STISJKT
    • Facebook Page : Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Official)
    • Instagram          : @polstatstis
  3. Alamat Panitia Pusat adalah di Kampus Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. Telp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotline PMB Telp: (021) 85900884. (Jam Kerja Senin – Jumat, Pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB).
  4. Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali BPS Provinsi DKI Jakarta). Alamat kantor BPS Provinsi bisa dilihat di website BPS di www.bps.go.id.