Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting


Resmi Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka 800.000 Kuota

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4

LAMOPI.COM Akhirnya Pemerintah kembali akan membuka pendaftaran program Kartu Prakerja untuk gelombang 4 hari Sabtu (7/8/2020) siang. Sebelumnya, lebih dari satu bulan program kartu prakerja dilakukan evaluasi oleh pemerintah sehingga pendaftaran kertu prakerja gelombang 4 terus ditunda.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiharso mengatakan, pembukaan pendaftaraan peserta Kartu Prakerja gelombang IV akan dilakukan pada pukul 12.00 WIB dengan kuota sebanyak 800.000 peserta. 
"Besok siang, gelombang 4 akan dibuka, pukul 12.00 WIB dengan kuota peserta sebanyak 800.000 orang," jelas Susi ketika memberikan keterangan pers dalam video conference, Jumat (7/8/2020).

Insentif Kertu Prakerja

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, besaran nilai insentif yang akan diberikan masih sama dengan yang ditetapkan pada gelombang-gelombang selanjutnya, yakni sebesar Rp 3,55 juta. 

Secara lebih rinci, insentif tersebut terdiri atas voucher Rp 1 juta untuk membeli pelatihan yang ditawarkan Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pikar Mahir dan Sisnaker. 

Setelah menyelesaikan pelatihan peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta yang masing-masing besarannya Rp 600.000 ribu per bulan. Kemudian, peserta juga akan mendapatkan insentif dari pengisian survei sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei. 

Secara lebih lanjut Susi menjelaskan, pembukaan pelatihan gelombang 4 yang tertunda lantaran pihak manajemen pelaksana bersama dengan Komite Prakerja melakukan perbaikan tata kelola pelaksanaan program. 

Peraturan Presiden (Perpres) nomor 76 tahun 2020

Saat ini, pelaksanaan program Kartu Prakerja didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) nomor 76 tahun 2020 sebagai perubahan atas Perpres nomor 36 2020, serta peraturan turunannya yankni Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) nomor 11 tahun 2020. 

"Perpres 76 dan Permenko 11 menjadi dasar dalam pembukaan batch 4 dan ke depan kita berharap ini menjadi perhatian stakeholder terutama aspek tata kelola sudah terjawab semua," jelas dia.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan akan membuka pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 4 pada akhir pekan pertama Agustus. Hal ini meleset dari sebelumnya yang dijanjikan akan dibuka pada akhir Juli. 

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja beralasan, keterlambatan pembukaan pendaftaran program tersebut karena saat ini Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) yang merupakan turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) No. 76 Tahun 2020 sedang tahap penyelesaian. 

"Beberapa kesepakatan dari berbagai Kementerian dan Lembaga juga sedang diproses. Di sisi operasi, Manajemen Pelaksana sedang menyiapkan hal-hal teknis untuk mengakomodasi Perpres, Permenko baru dan arah kebijakan Komite," kata Manajemen Pelaksana Prakerja dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/8/2020).

Link Pendaftaran Kartu Prakerja

Bagi Anda yang memenuhi kriteria penerima manfaat program kartu prakerja sesuai Peraturan Presiden (Perpres) nomor 76 tahun 2020 sebagai perubahan atas Perpres nomor 36 2020, silahkan untuk melakukan pendaftaran secara online melalui link https://www.prakerja.go.id/

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja

Untuk mendaftar sebagai peserta Program Kartu Prakerja, silahkan Anda klik link atau tautan yang ada diatas dan ikuti petunjuk pendaftaran sesuai yang tertera pada website program kartu prakerja.

Secara garis besarnya, cara pendaftaran program kartu prakerja bisa Anda lihat di tautan berikut ini. Persyaratan dan Cara Pendaftaran Kartu Prakerja