Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Rincian Formasi CPNS Kementerian BUMN Tahun 2023

CPNS Kementerian BUMN

Lamopi.com - Rincian Formasi CPNS Kementerian BUMN Tahun 2023. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil bagi seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan.

CPNS Kementerian BUMN 2023

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 997 Tahun 2021 tanggal 24 Juni 2021 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 713 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Tahun Anggaran 2021, Kementerian BUMN Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memenuhi syarat yang ditentukan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian BUMN

Baca Juga: Download Ebook SKD SKB CPNS 2021/2022 + Ribuan Contoh Soal dan Pembahasanya .pdf

Lokasi Penempatan CPNS Kementerian BUMN

  1. Wakil Menteri I dan Wakil Menteri II
  2. Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko
  3. Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan
  4. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi
  5. Sekretaris Kementerian BUMN

Formasi dan Jabatan CPNS Kementerian BUMN

Kementerian BUMN membuka penerimaan CPNS sebanyak 127 formasi dengan rincian sebagai berikut: 
  1. Ahli Pertama - Penata Kelola Perusahaan Negara (56 formasi) - penempatan Wakil Menteri I dan Wakil Menteri II
  2. Ahli Pertama - Penata Kelola Perusahaan Negara (28 formasi) - penempatan Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko
  3. Ahli Pertama - Penata Kelola Perusahaan Negara (12 formasi) - Penempatan Deputi Bidang Hukum dan Perundang- Undangan
  4. Ahli Pertama - Penata Kelola Perusahaan Negara (10 formasi) - penempatan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi
  5. Ahli Pertama - Analis Pengelolaan Keuangan APBN (4 formasi) - penempatan Sekretaris Kementerian BUMN
  6. Ahli Pertama - Arsiparis (2 formasi) - Penempatan Sekretaris Kementerian BUMN
  7. Ahli Pertama - Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pertama (3 formasi) - penempatan Sekretaris Kementerian BUMN
  8. Analis Keuangan (2 formasi) - penempatan Sekretaris Kementerian BUMN
Baca Juga Formasi CPNS Kementerian lainya

Jenis Formasi CPNS Kementerian BUMN

  • Cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude/dengan pujian pada ijasah atau transkrip nilai. 
  • Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas/berkebutuhan khusus. 
  • Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar yang merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak dan/atau ibu asli Papua/Papua Barat), dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari kepala desa/kepala suku. 
  • Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, huruf b, dan huruf c di atas.

Persyaratan CPNS Kementerian BUMN

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  2. Berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) pada saat melamar, 
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih. 
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, Prajurit TNI, anggota POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai Calon PNS, PNS, Prajurit TNI, atau anggota POLRI. 
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  7. Tidak menjadi anggota atau pengurus organisasi atau organisasi masyarakat yang dilarang Pemerintah.
  8. Memiliki kualifikasi Pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan. 
  9. Sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dalam Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas setempat yang masih berlaku (wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir). 
  10. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya, yang dinyatakan dalam Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas setempat yang masih berlaku (wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  11. Merupakan lulusan Sarjana (S1/D-IV)
  12. Pelamar dengan ijazah S2 dapat melamar pada kualifikasi jabatan S1 dengan menggunakan ijazah S1-nya, dengan ketentuan setelah pelamar diangkat menjadi PNS Kementerian BUMN pelamar tidak berhak menuntut penyetaraan ijazah S2 dimaksud ke dalam pangkat yang lebih tinggi, kecuali bila ada formasi yang tersedia. 
  13. Khusus pelamar dengan kategori Disabilitas wajib melampirkan surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya serta menyertakan video keseharian pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan yang dilamar sebagai bahan verifikasi oleh panitia. 
  14. Memiliki nilai kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan melalui sertifikat dengan nilai minimal skor TOEIC (475)/ TOEFL Paper (450)/ TOEFL CBT (150)/ TOEFL IBT (53)/ IELTS (5) yang diterbitkan dari lembaga internasional/lembaga bahasa perguruan tinggi/lembaga pendidikan bahasa inggris (sertifikat tes resmi maupun sertifikat prediction test dapat diterima), dengan ketentuan tanggal penerbitan sertifikat adalah setelah tanggal 31 Mei 2019.
Note: lulusan Sarjana (S1/D-IV) pada nomor 11 diatas dengan kriteria sebagai berikut:

a. Kategori Cumlaude: 
  1. Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri 
    • Memperoleh predikat kelulusan “dengan pujian/cumlaude” dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan dan dibuktikan dengan tanggal kelulusan pada ijasah atau transkrip nilai; 
    • Menyertakan bukti akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus, dapat berupa copy SK akreditasi atau Surat Keterangan akreditasi yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi atau hasil cetakan (screen capture) halaman direktori hasil akreditasi pada website BAN- PT. 
  2. Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri 
    • Memperoleh surat penyetaraan ijazah dan surat keterangan penyetaraan nilai IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; 
    • Menyertakan surat keterangan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude/dengan pujian. 
b. Kategori Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, dan Umum: 
  1. Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri 
    • Memperoleh IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan minimal 3,25 (tiga koma dua lima) dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari skala 4,0 (empat koma nol). 
    • Menyertakan bukti akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi minimal terakreditasi B pada saat lulus, dapat berupa copy SK akreditasi atau Surat Keterangan akreditasi yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi atau hasil cetakan (screen capture) halaman direktori hasil akreditasi pada website BAN- PT. 
  2. Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Memperoleh surat penyetaraan ijazah dan surat keterangan penyetaraan nilai IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dengan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) dari skala 4,0 (empat koma nol).

Cara Pendaftaran CPNS Kementerian BUMN

  1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Kementerian BUMN. 
  2. Pelamar hanya dapat mendaftar 1 (satu) jenis formasi jabatan sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki. 
  3. Melakukan pendaftaran dan mengunggah dokumen persyaratan secara online melalui laman: https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau Nomor NIK Kepala Keluarga. 
  4. Dokumen persyaratan sebagaimana dimaksud angka 3, terdiri dari: 
    • Surat lamaran ditujukan kepada Menteri BUMN di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermeterai Rp10.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta biru (format surat lamaran dapat diunduh di laman: www.bumn.go.id/career). Surat lamaran diberi tanggal sesuai dengan tanggal pelamar melakukan submit dokumen pada aplikasi SSCASN.
    • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)/dari instansi berwenang.
    • Ijazah dan transkrip 
      • Lulusan Perguruan Tinggi dalam negeri Ijazah dan transkrip nilai asli. 
      • Lulusan Perguruan Tinggi luar negeri Surat penyetaraan ijazah dan surat keterangan penyetaraan nilai IPK asli (termasuk penyetaraan pujian khusus untuk pendaftar formasi Cumlaude) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 
    • Surat pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermeterai Rp10.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena bertinta biru (format surat pernyataan dapat diunduh di laman: www.bumn.go.id/career). 
    • Surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas bagi pelamar dengan kategori Disabilitas (contoh format surat keterangan dokter dapat diunduh di laman: www.bumn.go.id/career). 
    • Pas Photo berwarna berukuran 3 × 4 dengan latar belakang merah (warna hijab, berdasi/tidak berdasi tidak ditentukan). 
    • Swafoto dengan menunjukkan KTP dan kartu informasi akun SSCASN, keterangan detail teknis dapat dilihat pada laman https://sscasn.bkn.go.id
  5. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 30 Juni 2021 s.d. 21 Juli 2021 (ditutup pukul 23.59 WIB).

Link Download Formasi CPNS Kementerian BUMN

Bagi Anda yang membutuhkan untuk mendownload Pengumuman rincian formasi beserta formast surat pernyataan penerimaan Seleksi CPNS Kementerian BUMN, silahkan Download DISINI

Formasi CPNS Kementerian BUMN


X